comscore

PKB Berencana Bikin Poros Baru di Pemilu 2024

Fachri Audhia Hafiez - 25 Mei 2022 16:48 WIB
PKB Berencana Bikin Poros Baru di Pemilu 2024
Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid. MI/Susanto
Jakarta: Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berencana membuat poros baru untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. PKB bakal merayu partai lain untuk berkoalisi.

"Sangat mungkin (membuat poros baru) karena PKB partai tengah, artinya masih ada partai tengah lain, misalkan NasDem setuju, jalan, jadi," kata Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 25 Mei 2022.
PKB, kata Jazilul, terbuka bergandengan dengan partai lain. Namun, PKB ingin memimpin poros koalisi ini untuk menatap kontestasi 2024. 

"PKB ingin memimpin poros, jangan ikut terus. Tetapi kita harus sadar diri, kecuali kita bergabung dengan PKS, PAN, dan PPP nah itu kan hampir satu rumpun, atau juga katakanlah Demokrat. Jadi, PKB ingin memimpin poros itu," ujar Jazilul.

Penjajakan dengan partai lain untuk membentuk poros baru disebut sudah berjalan. Namun, penjajakan politik itu dilakukan secara santai.

"Jadi, pendekatan partai politik itu kayak pendekatan pacaran, bukan diskusi serius pasang slide, gimana arah koalisi, gimana arahnya," ucap Jazilul.

Baca: PAN Masih Cari Teman Tentukan Capres

Salah satu poros yang sudah terbentuk adalah Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Poros itu dideklarasikan Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Ketum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketum PPP Soeharso Manoarfa. Ketiga partai akan bekerja sama menatap Pemilu 2024.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id