comscore

30 Juni, DPR Bakal Bahas Wacana Penggunaan Ganja Medis

Anggi Tondi Martaon - 28 Juni 2022 19:10 WIB
30 Juni, DPR Bakal Bahas Wacana Penggunaan Ganja Medis
Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahillah
Jakarta: Komisi III DPR bakal menggelar rapat dengar pendapat (RDP) menyikapi aspirasi penggunaan ganja medis di Indonesia. Rapat awal pembahasan ganja medis bakal dilakukan dalam pekan ini.

"Kemungkinan kalau kosong, Kamis (30 Juni) akan saya panggil untuk mendengar," kata Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond Junaidi Mahesa di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 28 Juni 2022.
Sekretaris Fraksi Partai Gerindra itu menyampaikan RDP tahap awal ini baru sebatas mendengar masukan dari masyarakat. Setelah itu, Komisi III akan mendengar pendapat dari pihak terkait, termasuk pakar bidang kesehatan.

"Nanti dokter dan macam-macam ahli kita undang minta masukan terhadap perubahan zat itu," ungkap dia.
 

Baca: Buka Peluang Legalisasi Ganja Medis, Wapres Ma'ruf Amin: Jangan Sampai Berlebihan


Dia merespons baik sikap para anggota DPR terhadap aspirasi penggunaan ganja medis di Indonesia. Menurut dia, negara ini tidak boleh hanya melihat ganja dari satu sisi, terutama penggunaannya terhadap pengobatan. 

"Jangan sampai kita menahan sesuatu yang ternyata nilai manfaatnya lebih besar daripada mudaratnya. Nah ini yang perlu dikaji," sebut dia.

Namun, Desmond mengaku belum bisa mengomentari terlalu banyak terkait penggunaan ganja medis. Dirinya ingin mendengar pendapat dari berbagai pihak terhadap wacana tersebut.

Selain itu, Komisi III ingin mempelajari penerapan ganja medis di berbagai negara. Sehingga, komisi membidangi hukum itu bisa mengambil sikap tepat terhadap wacana tersebut.

"Kenapa di Belanda, di Thailand itu dibebaskan, ini kita kaji. Apakah dengan potensi secara ekonomi dan kesehatan itu, nah catatan catatan inilah yang akan kami bicarakan pada saat pembahasan revisi UU (undang-undang) Narkotika," ujar dia.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id