comscore

Jaringan Pengumpul Dana ISIS Harus Diungkap

Anggi Tondi Martaon - 11 Mei 2022 15:10 WIB
Jaringan Pengumpul Dana ISIS Harus Diungkap
Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Jakarta: Pemerintah diminta serius terkait lima Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi fasilitator dana untuk ISIS. Negara diminta membongkar jaringan tersebut.

"Fokus pada pengembangan jaringan, rasanya mereka adalah bagian dari sebuah jaringan yang lebih besar," kata anggota Komisi I DPR Muhammad Farhan saat dihubungi, Rabu, 11 Mei 2022.
Farhan menilai kelima WNI tersebut hanya sebagian kecil dari penghimpun dana bagi ISIS. Diyakini, ada kelompok besar yang mengendalikan kelima WNI tersebut. 

"Jadi saya pun sangat berharap otoritas penegak hukum (khususnya counter terorism) di indonesia, bisa mengungkap juga aktor intelektual pengelola dana terorisme di indonesia," ungkap dia.

Politikus Partai NasDem itu pun meminta agar Counter ISIS Finance Group (CIFG) menyampaikan pihak pengelola keuangan salah satu kelompok teroris di Timur Tengah tersebut. Pasalnya, mereka mengelola sumber pendanaan pergerakan ISIS. 

"Siapa sebenarnya pengelola keuangan raksasa berskala global yang digunakan akan untuk membiayai isis sekonyong-konyong merajalela di dunia ini," ujar dia.

Baca: 2 dari 5 WNI Fasilitator Keuangan ISIS di Amerika Telah Dihukum

Sebelumnya, Kantor Pengawasan Aset Asing (OFAC) Kementerian Keuangan Amerika Serikat (AS) menetapkan lima orang diduga warga negara Indonesia (WNI) sebagai fasilitator keuangan kelompok teror Islamic State (ISIS). Mereka beroperasi di seluruh Indonesia, Suriah dan Turki.

"Lima orang yang ditetapkan ini sesuai dengan Perintah Eksekutif (EO) 13224, yang memainkan peran kunci dalam memfasilitasi perjalanan ekstremis ke Suriah dan daerah lain di mana ISIS beroperasi," kata pernyataan OFAC Kemenkeu AS di situs mereka, Selasa, 10 Mei 2022

(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id