Kemenag Rumuskan Protokol Kesehatan untuk Pesantren

    Fachri Audhia Hafiez - 30 Mei 2020 11:14 WIB
    Kemenag Rumuskan Protokol Kesehatan untuk Pesantren
    Pesantren di Serpong/Antara/Galih Pradipta
    Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag) bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyusun protokol kesehatan untuk pondok pesantren. Protokol bakal diterapkan pada tahun ajaran baru saat kenormalan baru.

    "Sebelum terjadi, kita lebih baik melakukan tindakan preventif. Ini semata-mata untuk kebaikan pesantren dan kita semua," kata pelaksana tugas (Plt) Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, Imam Safe’I, dalam keterangannya, Sabtu, 30 Mei 2020.

    Protokol disusun sedemikian rupa untuk menghindari penyebaran korona (covid-19) di fasilitas pendidikan itu. Mengingat risiko penyebaran di pesantren terbilang cukup tinggi.

    Baca: Kemenag Koordinasi Lintas Kementerian Siapkan Kenormalan Baru Pesantren

    "Fasilitas pesantren yang kurang memadai dibanding jumlah santri yang tinggal di pesantren sangat rentan dengan persebaran virus," ujar Imam.

    Menurut Imam, fasilitas mandi cuci kakus (MCK) pesantren dan tempat tidur santri masih kurang. Sementara kebersihan harus diprioritaskan untuk menghindari penyebaran korona.

    Pesantren mesti mengikuti protokol kesehatan untuk melangsungkan pembelajaran. Tata cara ini akan disosialisasikan ke seluruh pesantren di Indonesia dalam waktu dekat.

    "Ini bukan anjuran atau larangan bagi pesantren dalam melangsungkan pembelajaran. Ini otoritatif karena standar ini dikeluarkan dari Kemenkes," ujar Imam.

    Kemenag Rumuskan Protokol Kesehatan untuk Pesantren

    Direktur Promosi Kesehatan Masyarakat Kemenkes, Riskiyana Sukandi Putra, mengatakan protokol tersebut merupakan keharusan. Karena mayoritas fasilitas pesantren tak berbanding lurus dengan jumlah santri.

    Menurutnya, pesantren perlu melakukan pencegahan sejak dini karena hingga kini vaksin covid-19 belum ditemukan. Langkah awal yang bisa dilakukan ialah dengan memperkuat sistem imunitas tubuh.

    "Makanan bergizi akan memunculkan imunitas dalam tubuh yang berfungsi melawan virus," ujar Riskiyana.



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id