Kritik untuk Menag yang 'Hobi' Memunculkan Kontroversi

    Anggi Tondi Martaon - 08 September 2020 15:21 WIB
    Kritik untuk Menag yang 'Hobi' Memunculkan Kontroversi
    Ketua Komisi VIII DPR, Yandri Susanto. Medcom.id
    Jakarta: Komisi VIII DPR mengkritik keras Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi. Menag dinilai kerap mengeluarkan pernyataan kontroversial.

    "Komisi VIII DPR menyayangkan pernyataan Pak Menag sering menimbulkan kontrovesi di publik, tidak substantif dan produktif, dan sering menimbulkan kegaduhan," kata Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto saat membuka rapat kerja (raker) bersama Menag Fachrul Razi di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 8 September 2020.

    Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Amanat Nasional (PAN) itu membeberkan sejumlah pernyataan kontroversi yang disampaikan suksesor Lukman Hakim Saifuddin itu. Mulai pernyataan larangan cadar, celana cingkrang, hingga institusi pemerintah rawan disusupi paham radikal.

    Teranyar, Fachrul menyebut anak berpenampilan baik atau good looking dinilai penyebar paham radikal. Penampilan baik yang dimaksud yaitu seseorang yang menguasai bahasa Arab dan hafal Alquran atau hafiz.

    "Sungguh hal ini merupakan pernyataan sikap yang tidak arif," tegas Yandri.

    (Baca: BNPT: Pemuda dan Perempuan Rentan Terpapar Radikalisme)

    Yandri menyebut pernyataan itu menimbulkan kegaduhan. Anggota Komisi VIII DPR banyak mendapat keluhan dari pemuka agama.

    "Keluarga saya tersinggung sekali dengan pernyataan Bapak, menarasikan seolah-olah orang hafal Alquran dan pandai bahasa Arab itu radikal," tutur dia.

    Yandri mengingatkan setiap pernyataan mesti berdasarkan data. Sehingga, tidak menimbulkan kegelisahan di tengah masyarakat.

    "Saya kira ini kegelisahan sekali bagi umat Islam, menarasikan orang hafal Alquran, good looking, pandai bahasa Arab itu sumber utama radikalisme," ujar dia.

    (REN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id