Pidato Lengkap Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR 2020

    Surya Perkasa - 14 Agustus 2020 15:38 WIB
    Pidato Lengkap Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR 2020
    Presiden Joko Widodo dalam pidato di Sidang Tahunan MPR Tahun 2020. Antara Foto/Akbar Nugroho Gumay


    Saudara-saudara se-Bangsa  dan  se-Tanah Air, hadirin sekalian yang berbahagia.

    Tujuan besar tersebut hanya bisa dicapai melalui kerja sama seluruh komponen bangsa dengan gotong-royong, saling membantu, dan saling mengingatkan dalam kebaikan dan tujuan yang mulia. Demokrasi memang menjamin kebebasan, namun kebebasan yang menghargai hak orang lain.

    Jangan ada yang merasa paling benar  sendiri, dan yang lain dipersalahkan. Jangan ada yang merasa paling agamis sendiri. Jangan ada yang merasa paling Pancasilais sendiri.

    Semua yang merasa paling benar dan memaksakan kehendak, itu yang biasanya tidak benar. Kita  beruntung bahwa mayoritas rakyat Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, menjunjung tinggi kebersamaan dan persatuan, penuh toleransi dan saling  peduli. Sehingga masa-masa  sulit sekarang ini bisa kita tangani secara baik.

    Kita beruntung dan berterima kasih atas dukungan dan kerja cepat dari Pimpinan dan Anggota lembaga-lembaga negara yang melakukan langkah-langkah extraordinary  dalam  mendukung  penanganan krisis dan membajak momentum krisis untuk menjalankan strategi-strategi  besar  bangsa.

    MPR dengan cepat membuat payung program baru "MPR Peduli Covid-19" serta terus melakukan sosialisasi dan aktualisasi Pancasila serta pengkajian sistem ketatanegaraan dan konstitusi kita.

    Dengan sangat responsif, DPR langsung membahas, kemudian menyetujui dan mengesahkan Perppu Nomor 1 Tahun 2020 menjadi undang-undang untuk memberikan payung hukum dalam mengatasi krisis kesehatan dan perekonomian. Perppu Nomor 2 Tahun 2020 menjadi undang-undang untuk melandasi penundaan pemungutan  suara Pemilihan Kepala Daerah.

    Agenda-agenda legislasi yang lain juga tetap berjalan  efektif, antara lain Pembahasan  RUU Pertambangan Mineral dan Batu Bara serta RUU Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Covid-19.
     


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id