Pidato Lengkap Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR 2020

    Surya Perkasa - 14 Agustus 2020 15:38 WIB
    Pidato Lengkap Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR 2020
    Presiden Joko Widodo dalam pidato di Sidang Tahunan MPR Tahun 2020. Antara Foto/Akbar Nugroho Gumay


    Saya menyambut hangat seruan moral penuh kearifan dari para ulama, para pemuka  agama,  dan tokoh-tokoh budaya agar menjadikan momentum musibah pandemi ini sebagai sebuah kebangkitan baru untuk melakukan sebuah lompatan besar.

    Inilah saatnya kita  membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar, menjalankan strategi besar. Strategi besar di bidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan. Termasuk kesehatan dan pendidikan.

    Saatnya  kita  bajak momentum krisis untuk melakukan lompatan-lompatan besar. Pada usia ke-75 tahun ini, kita telah menjadi negara upper  middle income country.  Dua puluh limat  tahun lagi, pada usia seabad Republik  Indonesia, kita harus mencapai kemajuan yang besar, menjadikan Indonesia negara maju.

    Saudara-saudara se-Bangsa dan se-Tanah Air.

    Kita  harus  melakukan reformasi fundamental dalam cara kita bekerja. Kesiapsiagaan dan kecepatan kita  diuji.

    Kita harus  mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari wilayah pandemi di Tiongkok.  Kita harus menyiapkan rumah sakit, rumah isolasi, obat-obatan, alat kesehatan, dan mendisiplinkan protokol kesehatan. Semuanya harus dilakukan secara  cepat, dalam waktu  yang sangat singkat.

    Ketika krisis kesehatan tersebut berdampak pada perekonomian nasional, kita juga harus cepat bergerak dengan memberikan bantuan sosial bagi masyarakat melalui bantuan sembako, bansos tunai, subsidi dan diskon tarif listrik, BLT Desa, dan subsidi gaji.

    Kita harus membantu UMKM  untuk memperoleh restrukturisasi kredit, memperoleh banpres produktif berupa bantuan modal darurat, dan membantu  pembelian  produk-produk mereka. Membantu tenaga kerja yang menjadi korban PHK, antara lain melalui bantuan sosial dan Program Prakerja.
     

    Halaman Selanjutnya
    Sesuatu yang  tidak  mudah. …

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id