Rancangan Ibu Kota Baru Pertimbangkan Habitat Bekantan

    Antara - 24 Desember 2019 20:38 WIB
    Rancangan Ibu Kota Baru Pertimbangkan Habitat Bekantan
    Desain bertema Nagara Rimba Rusa pemenang pertama sayembara desain ibu kota negara baru. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
    Jakarta: Presiden Joko Widodo menilai survei lapangan secara langsung oleh pemenang sayembara rancangan tata kota ibu kota baru penting dilakukan. Pasalnya, penjagaan lingkungan hidup wajib dijalankan pemerintah dalam membentuk ibu kota baru.

    "Mempertimbangkan lingkungan sekitar, seperti habitat bekantan, binatang dilindungi, yang menghuni hutan sekitar Teluk Balikpapan," kata Jokowi dalam aku Instagram @jokowi, Selasa, 24 Desember 2019.

    Menurut dia, survei lapangan ini demi memastikan rancangan ibu kota sesuai lokasi pembangunan prasarana dasar seperti Bendungan Sepaku Semoi yang dimulai 2020. Rancangan juga harus disesuaikan dengan jalan dan drainase pada areal seluas 4.000-6.000 hektare. 

    Presiden menilai gagasan ibu kota bertema "Nagara Rimba Nusa" yang telah memenangkan kompetisi itu memiliki karakter kota yang berbeda dengan ibu kota baru negara lain. Pemerintah pun akan mengajak juara satu, dua, dan tiga untuk berkunjung ke lokasi ibu kota baru di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

    "Dengan terpilihnya para pemenang sayembara desain ibu kota negara, kita telah memiliki bayangan tentang bagaimana rupa ibu kota kita sekian tahun mendatang. Kita akan memulai suatu pekerjaan besar dan mengawali sejarah yaitu memindahkan ibu kota Negara Republik Indonesia," ungkap Presiden.

    Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyebut pembangunan ibu kota memperhatikan pergerakan satwa endemik. Jika ada jalan di kawasan itu, pemerintah akan membangun jalan layang sehingga habitat orangutan atau bekantan tidak terganggu. 





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id