UU Perlindungan Data Harus Jadi Prioritas

    Sri Yanti Nainggolan - 23 Oktober 2019 16:59 WIB
    UU Perlindungan Data Harus Jadi Prioritas
    Menteri Komunikasi dan Informatika baru, Johny G. Plate (kanan), dan mantan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, dalam acara serah terima jabatan di Gedung Kominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. MI/Susanto
    Jakarta: Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara meminta pemerintah memprioritaskan pengesahan Undang-Undang (UU) tentang Perlindungan Data Pribadi. UU tersebut akan dibahas anggota DPR periode 2019-2024.

    "Saya sudah tanda tangan dua kali rancangannya karena (masuk) Prolegnas (Program Legislasi Nasional) 2019. Ada perhatian, jadi otomatis masuk ke tahun selanjutnya," kata Rudiantara di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2019.

    Rudiantara senang digantikan Johnny G. Plate, yang berasal dari partai politik. Dia yakin Johnny bisa mendorong pengesahan UU Perlindungan Data Pribadi. Apalagi, Johnny tahu seluk beluk pembahasan UU di Parlemen. 

    Johnny menyadari kendala perlindungan data pribadi ada pada payung hukum. Dia akan mengadakan konsolidasi politik agar pengesahan UU dipercepat.

    "Kita akan mengadakan focus group discussion (FGD) dengan semua stakeholder untuk melihat apakah ada celah di UU ini. Kalau sudah lengkap, kita dorong Parlemen mempercepat," ujar Johnny.

    Politikus NasDem itu juga akan melibatkan masyarakat secara aktif supaya tidak menimbulkan protes ketika mencapai proses akhir. Masyarakat juga diminta mengikuti proses pengesahan UU tersebut.

    "Jika ini berhasil (cepat dan melibatkan masyarakat), paling tidak ini new branding Parlemen untuk masyarakat, image baru Parlemen," ucap dia.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id