Tito Karnavian Mundur Sebagai Kapolri

    Whisnu Mardiansyah - 22 Oktober 2019 16:50 WIB
    Tito Karnavian Mundur Sebagai Kapolri
    Eks Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo
    Jakarta: Presiden Joko Widodo memberhentikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Tito mendapat tugas baru dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.  

    "Berdasarkan hasil keputusan rapat konsultasi pengganti Bamus antara pimpinan DPR dengan pimpinan fraksi tanggal 22 Oktober 2019 sesuai dengan Surat Presiden Nomor R51 tanggal 21 Oktober 2019 hal permintaan pemberhentian Kapolri," ucap Ketua DPR Puan Maharani pada Rapat Paripurna Ruang Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 22 Oktober 2019.

    Permintaan persetujuan DPR berdasarkan ketentuan ayat 1 dan 2 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian. Ayat 1, Kapolri diangkat dan diberhentikan oleh presiden dengan persetujuan DPR. Ayat 2, usul pengangkatan Kapolri diajukan presiden kepada DPR beserta alasannya.

    "Adapun alasan pengunduran diri karena yang bersangkutan akan mengemban tugas negara dan pemerintahan lainnya untuk itu kami mohon persetujuan dewan dapat disetujui," tanya Puan di hadapan anggota DPR yang hadir.

    "Setuju," jawab seluruh anggota.

    DPR juga menerima tiga surat presiden lainnya. Pertama, surat nomor R48 tanggal 9 Oktober 2019 perihal permohonan pertimbangan atas pencalonan duta besar luar biasa dan berkuasa penuh negara sahabat untuk Republik Indonesia.

    Kedua, surat nomor R49 tanggal 16 Oktober 2019 perihal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan republik indonesia. Ketiga, surat nomor R52 tanggal 21 Oktober 2019 perihal calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi pada masa jabatan tahun 2019-2023.

    "Untuk surat tersebut sesuai dengan peraturan DPR RI Nomor 1 Tahun 2014 tentang tatib, akan dibahas lebih lanjut sesuai dengan mekanisme yang berlaku," ucap Puan.

    Polri tak menampik Tito Karnavian ditawari jadi menteri. Tito sudah menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 21 Okotber 2019. 
     
    "Pihak Istana memberikan informasi awal Rabu (23 Oktober 2019) akan dilaksanakan pelantikan. Kita tunggu Rabu," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 21 Oktober 2019.




    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id