Partai Baru Diramal Masuk Koalisi Pemerintah

    Theofilus Ifan Sucipto - 16 April 2021 18:36 WIB
    Partai Baru Diramal Masuk Koalisi Pemerintah
    Direktur Eksekutif Indopolling Network Wempy Hadir/Medcom.id/Theo



    Jakarta: Direktur Eksekutif Indopolling Network Wempy Hadir memprediksi dinamika partai politik terkini. Khususnya, terkait isu perombakan kabinet oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

    “(Berdasarkan) bacaan saya, di tengah pragmatisme ada partai politik (parpol) baru masuk kekuasaan,” kata Wempy dalam diskusi virtual, Jumat, 16 April 2021.






    Wempy menduga masuknya parpol baru lantaran ada partai di koalisi yang sudah tak sejalan dengan visi Jokowi. Buktinya, sejumlah parpol mulai melakukan safari politik.

    “Meskipun di depan layar (mengaku) untuk kebangsaan, tapi partai politik membicarakan hal pragmatis soal kekuasaan dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024,” ujar dia.

    Baca: Isu Reshuffle Kabinet, PAN Klaim Siap Bantu Jokowi

    Menurut Wempy, parpol di koalisi seharusnya fokus mendukung upaya Jokowi di tengah pandemi covid-19. Misalnya, kasus covid-19 yang masih terus bertambah, hingga dampak ekonomi seperti pengangguran dan pertumbuhan ekonomi nasional.

    “Tapi yang terjadi parpol lebih banyak mengeluarkan energi membicarakan strategi memenangkan Pilpres 2024,” tutur Wempy.

    Di sisi lain, Wempy mengkritisi wacana perombakan kabinet kedua kalinya di pemerintah Jokowi-Ma'ruf Amin. Dia menilai seharusnya tak ada alasan untuk melakukan perombakan.

    “Isu reshuffle seharusnya tidak perlu karena kekuatan di DPR sudah signifikan dan kuat,” papar dia.

    Ada tiga parpol oposisi yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Demokrat yang tersisa. Partai Gerindra yang tadinya oposisi kini berada dalam pemerintahan.

    Sementara itu, PAN mengeklaim siap membantu pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Ketua Fraksi PAN DPR Saleh Partaonan Daulay menyebut pihaknya bakal menyiapkan kader terbaik.


    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id