Fit and Proper Test Calon Kapolri Bakal Digelar Pekan Depan

    Theofilus Ifan Sucipto - 12 Januari 2021 20:54 WIB
    <i>Fit and Proper Test</i> Calon Kapolri Bakal Digelar Pekan Depan
    Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry (Foto:Dok.DPR RI)
    Jakarta: Uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Kapolri rencananya digelar pekan depan. Komisi III DPR berharap surat presiden (surpres) segera dikirim agar proses bisa dimulai.

    "Kalau bisa Senin (18 Januari 2021) atau Selasa (19 Januari 2021) sudah bisa fit and proper test," kata Ketua Komisi III DPR, Herman Herry, di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa, 12 Januari 2021.

    Herman mengaku belum menerima surpres pergantian Kapolri. Namun, Komisi III DPR tetap fokus menjalankan tugasnya untuk menggelar fit and proper test.

    "Soal siapa orangnya itu kan urusannya Presiden (Joko Widodo). Yang kami siapkan adalah konsep dan jadwalnya," ujar dia.

    Menurut Herman, bukan hal mudah menyusun jadwal dan skema fit and proper test calon Kapolri. Sebab, masa sidang kali ini relatif pendek.

    Baca: Presiden Dipastikan Pilih Calon Kapolri Terbaik

    Politikus PDI Perjuangan itu berharap surpres bisa masuk ke DPR dan diteruskan ke Badan Musyawarah (Bamus) DPR. Sehingga Bamus DPR bisa memberi penugasan pada Komisi III DPR.

    "Kalau bisa hari Kamis (14 Januari 2021) mengundang RDPU (rapat dengan pendapat umum) dengan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK)," kata Herman.

    Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komisaris Jenderal (Komjen) Listyo Sigit Prabowo sempat disebut-sebut sudah dipilih Jokowi untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di DPR. Sejatinya, ada lima nama calon Kapolri yang diusulkan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ke Presiden.
     
    Selain Listyo, nama calon kapolri lainnya, yakni Wakil Kapolri Komjen Gatot Edy Pramono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafly Amar, Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Arief Sulistyanto, dan Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri Komjen Agus Andrianto.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id