comscore

Erick Thohir Diminta Klarifikasi Isu Mafia Bibit

M Sholahadhin Azhar - 25 April 2022 20:32 WIB
Erick Thohir Diminta Klarifikasi Isu Mafia Bibit
Menteri BUMN Erick Thohir/MI/Ramdani
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, diminta mengklarifikasi isu mafia benih atau bibit pertanian. Pernyataan Erick saat memberi kuliah umum di Universitas Padjajaran itu mesti dijelaskan.

"Isu mafia benih itu harus diklarifikasi, di mana ditemukannya, di kabupaten dan kecamatan mana, kapan terjadinya. Hal tersebut tidak bisa digeneralisasi," kara Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Harian Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani), Fathan Arasyid, melalui keterangan tertulis, Senin, 25 April 2022.
Menurut Fathan, pengadaaan bibit yang diakomodasi Kementerian Pertanian sesuai prosedur. Hal tersebut juga diawasi dengan baik.

Baca: NasDem Minta Erick Thohir Berikan Penjelasan Spesifik Terkait Mafia Bibit

Benih pertanian, kata dia, menjadi salah satu faktor penentu peningkatan produktivitas pertanian. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo disebut sangat memperhatikan pengadaan bibit pertanian melalui teknologi inovasi pertanian.  

"Jadi, tidak ada itu mafia benih," kata Fathan.

Dia mencontohkan pengadaan benih jagung. Pemerintah mengawal proses temuan bibit jagung hingga ditangkarkan dan diperbanyak oleh BUMN, swasta, dan Balai Benih Utama (BBU). 

Tidak hanya itu, proses pengadaan benih juga diawasi petugas yang berkompeten dan dikawal penyuluh pertanian. Bahkan Kementerian Pertanian memiliki berbagai bibit pertanian unggul yang bersertifikat. 

"Intinya, pengadaan benih yang dilakukan Kementerian Pertanian telah dilakukan dengan baik. Tidak ada mafia benih! Petani tidak ada yang mengeluh terkait pengadaan benih pertanian," jelas Fathan.

Permintaan supaya Erick Thohir mengkonfirmasi pernyataannya juga datang dari Partai NasDem. Wasekjen Kebijakan Publik dan Isu Strategis DPP Partai NasDem, Hermawi Taslim, minta Erick menjelaskan tudingan mafia bibit.

"NasDem juga ingin bertanya kepada Erick Thohir kok ujug-ujug ngomong soal mafia di Kementan. Apakah Erick Thohir sedemikian yakin bahwa di Kementerian BUMN tidak ada mafia?" tanya Hermawi.
 
Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengungkap ada mafia bibit di sektor pertanian. Hal itu disampaikan saat Erick memberikan Kuliah Umum di Universitas Padjadjaran belum lama ini.

"Bibit pun ada mafianya. Banyak petani mendapatkan bibit yang hybrid, yang salah, sehingga ketika tumbuh tidak baik," tuding Erick.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id