comscore

KPU Diingatkan Soal Efisiensi dan Memaksimalkan Anggaran Pemilu

Juven Martua Sitompul - 13 Juni 2022 20:13 WIB
KPU Diingatkan Soal Efisiensi dan Memaksimalkan Anggaran Pemilu
Ilustrasi Medcom.id.
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) diminta menjalankan instruksi DPR agar menggunakan anggaran Pemilu 2024 dengan efisien dan efektif. KPU harus berupaya mengakomodir kebutuhan untuk penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut.

"Kalau menurut saya dari apa yang sudah disepakati jadi pegangan. Misalnya, dari DPR sudah menyepakati Rp76,6 triliun itu sebaiknya KPU berusaha mengakomodir kebutuhan-kebutuhan. Sebaiknya diefisienkan saja apa yang sudah disepakati," kata Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Silvanus Alvin, kepada wartawan di Jakarta, Senin, 13 Juni 2022.
Alvin menyambut baik komitmen DPR untuk mengawal optimalisasi penggunaan anggaran pemilu. "Bisa betul-betul akan dikawal, karena contohnya saja PDIP, mereka mendukung Pemilu 2024, tentunya mereka ingin pemilu berjalan lancar," kata Alvin.

Hal senada disampaikan Direktur Eksekutif Perludem, Khoirunnisa Nur Agustyati. Dia menekankan anggaran Pemilu 2024 digunakan untuk memaksimalkan tahapan Pemilu 2024.

"Hal-hal seperti untuk kebutuhan kantor atau alat transportasi bisa memanfaatkan yang sudah ada," kata Khairunnisa.

Anggaran Rp76,6 trilun ditentukan usai DPR menggelar pertemuan dengan pemerintah dan KPU. Dalam pertemuan itu, Ketua DPR Puan Maharani mengingatkan agar anggaran Pemilu 2024 digunakan secara efektif dan efisien.

Baca: KPU: Bawaslu Punya Kewenangan Monitoring Medsos Peserta Pemilu

Terpenting, dimaksimalkan sesuai dengan kebutuhan sejak dimulainya tahapan pemilu 14 Juni 2022. Jika ada kekurangan dana, kata Khoirunnisa, KPU sebaiknya bisa memaksimalkan dana yang sudah tersedia.

"Ibaratnya anggaran ini bahan bakarnya. Kalau anggaran belum turun tapi tahapan belum dimulai tentu bisa berdampak pada pelaksanaan tahapan," kata Khoirunnisa.
 

Halaman Selanjutnya
Menurut dia, selain DPR ada…






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id