Uji Kepatutan dan Kelayakan Calon Anggota BPK Ditunda

    Anggi Tondi Martaon - 07 September 2021 15:15 WIB
    Uji Kepatutan dan Kelayakan Calon Anggota BPK Ditunda
    Ilustrasi Kompleks Parlemen Senayan. Medcom.id/Githa Farahdina



    Jakarta: Komisi XI menunda proses uji kepatutan dan kelayakan calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Rencananya, fit and proper test dilakukan hari ini, 7 September 2021.

    "Mungkin kita undur karena ada rapur (rapat paripurna)," kata Wakil Ketua Komisi XI Amir Uskara di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 7 September 2021.

     



    Wakil Ketua Umum (Waketum) PPP itu menyebut pihaknya bakal merumuskan kembali jadwal uji kepatutan dan kelayakan calon anggota BPK. Kemungkinan, fit and proper test dilakukan dalam waktu dekat.

    Baca: Komisi XI Manut Fatwa MA Soal Seleksi Pimpinan BPK

    "Kita rencana mau jadwalin minggu depan, tapi kita liat lagi ini baru mau rapat lagi dengan temen-temen pimpinan yang lain," ungkap Amir. 

    Dia enggan menanggapi dua calon anggota BPK yang diduga bermasalah. Keduanya ialah Nyoman Adhi Suryadnyana dan Hary Zacharias Soeratin.

    Mereka dianggap tak memenuhi syarat, khususnya terkait Pasal 13 huruf j Undang-Undang (UU) Nomor 15 Tahun 2006 tentang BPK. Yakni, seorang calon paling singkat telah 2 (dua) tahun meninggalkan jabatan sebagai pejabat di lingkungan pengelola keuangan negara.

    "Kalau kemarin kan kita rapat tertutup ya, jadinya itu substansi dari pembicaraan temen-temen enggak bisa saya sampaikan," ujar dia.

    Rencananya, uji kepatutan dan kelayakan calon anggota BPK dilakukan selama dua hari. Fit and proper test hari pertama diikuti Dadang Suwarna, Dori Santosa, Encang Hermawan, Kritiawanto, Shohibul Imam, dan Nyoman Adhi Suryadnyana.

    Uji kepatutan hari kedua diikuti Hari Pramudiono, Muhammad Komarudin, Nelson Humaris Halomoan, dan Widiarto, Muhammad Syarkawi Rauf. Kemudian, Teuku Surya Darma, Hary Zacharias Soeratin, dan Laode Nusriadi.

    Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk  https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.


    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id