comscore

Selangkah Lagi, RUU TPKS Disahkan

Cahya Mulyana - 17 November 2021 07:34 WIB
Selangkah Lagi, RUU TPKS Disahkan
Ilustrasi: Medcom.id
Jakarta: Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) selangkah lagi menapaki babak baru. Setelah melalui perdebatan cukup alot, RUU TPKS sudah mengerucut pada klausul-klausul yang bisa disepakati seluruh fraksi di DPR.

Ketua Panitia Kerja (Panja) Willy Aditya menargetkan RUU TPKS bisa disahkan menjadi RUU inisiatif DPR dalam waktu dekat ini. Dia optimistis kesepahaman dan mufakat di antara fraksi-fraksi akan terbangun.
“Memang masih ada kebelumsepahaman dari beberapa fraksi, tetapi itu menyangkut beberapa item saja. Yang pokok-pokoknya kita semua bisa bersepakat. Insyaallah akan terjadi titik temu,” kata Ketua Panja RUU TPKS Willy Aditya di Jakarta, Selasa, 16 November 2021. 

Baca: Kata Pencegahan Diusulkan Masuk Judul RUU TPKS

Menurut dia, salah satu klausul penting RUU ini ialah penegasan tentang pencegahan terhadap TPKS. Perlindungan terhadap korban juga menjadi fokus. 

“Di RUU ini, korban benar-benar menjadi perhatian kita. Korban tidak hanya dilindungi tetapi juga mendapatkan penanganan, perlindungan, dan pemulihan terkait kasus kekerasan yang dialami olehnya," urai politikus Partai NasDem itu. 

Ketika disahkan, kata Willy, beleid ini akan menjadi payung hukum acara bagi seluruh tindak pidana kekerasan seksual. Dengan demikian, koridor hukum akan makin jelas bagi perlindungan terhadap korban kekerasan seksual.

Selain itu, ada beberapa klausul baru dalam RUU ini. Salah satunya, upaya pencegahan bagi kaum disabilitas dan anak yatim. Kekerasan seksual berbasis digital juga diusulkan oleh sebagian anggota Panja untuk masuk dalam RUU TPKS.

Rabu, 17 November 2021, Panja kembali mengadakan rapat. Willy memohon doa kepada publik agar perjalanan RUU TPKS mulus hingga disahkan menjadi UU.

“Insyallah, kalau dilempangkan jalan, kita juga akan langsung pleno untuk memutuskan RUU ini menjadi inisiatif DPR. Mudah-mudahan semuanya dimudahkan,” kata dia.

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id