comscore

Indonesia Kerja Sama dengan Brasil dan Kongo Terkait Pengelolaan Hutan

Candra Yuri Nuralam - 12 November 2021 13:24 WIB
Indonesia Kerja Sama dengan Brasil dan Kongo Terkait Pengelolaan Hutan
Ilustrasi hutan. MI/Aris Munandar
Jakarta: Indonesia bekerja sama triliteral dengan Brasil dan Republik Demokratik Kongo. Kerja sama itu terkait pengelolaan hutan dan pengendalian perubahan iklim.

Kerja sama itu digelar karena ketiganya merupakan negara pemilik hutan tropis di dunia. Ketiga negara sudah menggelar pertemuan agar kerja sama berlangsung baik.
"Pertemuan telah di gelar di Sekretariat Delegasi Republik Indonesia di arena COP 26 UNFCCC di Glasgow, Skotlandia, awal pekan ini. Banyak potensi kolaborasi yang bisa dilakukan Indonesia, Brazil, dan Kongo," kata Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong melalui keterangan tertulis, Jumat, 12 November 2021.

Ketiga negara saling mengemukakan gagasan tentang kekuatan masing-masing dalam pengendalian iklim dan pengelolaan hutan. Ketiga negara juga saling mengidentifikasi kemampuan yang bisa digabungkan saat kerja sama berlangsung.

Alue menyebut kerja sama juga bisa masuk ke tahap bilateral. Menteri lingkungan Brasil dan Kongo juga menyetujui hal itu.
 
"Tiga negara mempunyai pandangan yang sama tentang pentingnya kerja sama dalam kerangka memperkuat pengaruh tiga negara pemilik hutan tropis terbesar  di dunia ini dalam negosiasi iklim di COP26 UNFCCC," ujar Alue.

Ketiga negara juga akan membentuk kelompok kerja berdasarkan kepentingan dan prinsip kebutuhan. Kelompok kerja diharapkan bisa membuat iklim global dikendalikan.

"Sehingga dapat bersama-sama memperjuangkan solusi yang paling efektif dan tepat termasuk upaya-upaya kita mendorong peningkatan pendanaan yang berbasis hasil atau result-based payment untuk pengurangan emisi dari pengurangan deforestasi dan degradasi hutan plus (REDD+), serta kedua, mekanisme pembayaran  atas jasa ekosistem," tutur Alue.

Dalam kerja sama itu, Indonesia juga menawarkan beberapa keahlian dalam pengurangan deforestasi, pengendalian, dan penanganan kebakaran hutan dan lahan ke Brazil dan Kongo. Indonesia juga berbagi ilmu tentang pengelolaan hutan sosial untuk masyarakat.

"Brasil yang memiliki pengalaman luas dalam pelaksanaan pembayaran jasa ekosistem (PES), pengelolaan dana iklim lewat lembaga Amazon Fund, juga kerja sama kegiatan pengelolaan praktik pertanian dan peternakan yang rendah emisi, pengelolaan sampah dan sanitasi," ucap Alue.

Kerja sama berlangsung baik. Ketiga negara langsung meminta pejabat menindaklanjuti hasil pertemuan.

"Setelah pertemuan tersebut, Menteri Brasil, Republik Demokratik Kongo, dan Saya menugaskan masing-masing pejabat perwakilan untuk membahas tindak lanjut teknis terkait area kerja sama potensial yang dapat dilakukan ke depan baik dalam kerangka kerja sama bilateral maupun trilateral," tutur Alue.

Baca: Presiden Jokowi Beri Ilmu Pengelolaan Hutan kepada Dunia
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id