Pemangkasan Eselon Dimulai dari KemenPAN-RB

    Fachri Audhia Hafiez - 30 Oktober 2019 16:00 WIB
    Pemangkasan Eselon Dimulai dari KemenPAN-RB
    Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
    Jakarta: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo memastikan pejabat eselon III dan IV aparatur sipil negara (ASN) bakal dipangkas. Tjahjo akan memulai pemangkasan dari kementeriannya.

    "Kalau kita mau meminta kementerian dan lembaga lain memangkas eselon, harus dimulai dari KemenPAN-RB sebagai contoh," kata Tjahjo di Kantor KemenPAN-RB, Jalan Jenderal Sudirman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 30 Oktober 2019.

    Tjahjo mengatakan pemangkasan membutuhkan kajian dan diskusi mendalam. Politikus PDI Perjuangan itu menuturkan pemangkasan perlu melihat fungsi dari jabatan. 

    Dia menambahkan pemangkasan bakal melihat kebutuhan dari masing-masing kementerian. Tjahjo menyebut hal ini membutuhkan proses

    "(Pemangkasan) secara bertahap. Yang pasti setelah dimulai di KemenPAN-RB akan dilakukan ke kementerian lain," kata dia. 

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bakal memangkas birokrasi dengan cara menyederhanakan sistem eselon menjadi dua level. Hal itu disampaikan saat pidato pelantikan sebagai Presiden Terpilih Periode 2019-2024 di Gedung MPR/DPR/DPD Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2019.

    Penyederhanaan birokrasi besar-besaran agar prosedur yang terlalu panjang bisa dipangkas. Jokowi juga menekankan kepada para menteri, pejabat, dan birokrat agar serius menjamin tercapainya tujuan program pembangunan.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id