Tiga Panja Jiwasraya Dipastikan Tak Tumpang Tindih

    Nur Aivanni - 22 Januari 2020 07:17 WIB
    Tiga Panja Jiwasraya Dipastikan Tak Tumpang Tindih
    Ilustrasi DPR. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Tiga panitia kerja (panja) kasus Jiwasraya yang dibentuk Komisi III, VI, dan IX DPR dipastikan tidak tumpang tindih. Setiap panja akan bekerja sesuai dengan bidang komisi.

    "Kami sudah dan akan (terus) berkoordinasi dengan Komisi III dan VI sehingga nanti panja yang kami lakukan di tiap-tiap komisi bisa disinkronkan dan kita bisa dapatkan kesimpulan yang sama. Jadi, tidak overload dan tidak tumpang tindih," ujar Ketua Komisi XI DPR, Dito Ganinduto, di kompleks parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 21 Januari 2020. 

    Komisi XI sepakat membentuk pengawasan kinerja industri jasa keuangan utamanya terkait pengawasan penyelesaian kasus Jiwasraya yang diduga merugikan negara hingga Rp13,7 triliun itu. Panja Jiwasraya di Komisi VI akan fokus memetakan masalah dan memperoleh solusi atas gagal bayar nasabah. Adapun panja di Komisi III fokus pada penegakan hukum.

    Wakil Ketua Komisi VI yang juga Ketua Panja Jiwasraya, Aria Bima, menuturkan Panja Jiwasraya di komisinya hanya akan mengkaji tiga opsi penyelamatan. Yaitu pembentukan holding asuransi BUMN, privatisasi atau pelepasan saham Jiwasraya, serta penyertaan modal negara (PMN).

    Dia menegaskan pihaknya bakal memastikan pengelolaan manajemen dan keuangan Jiwasraya kembali sehat. "Panja akan berkonsentrasi, targetnya secepat mungkin mengembalikan dana pemegang polis. Kita bantu melalui panja. Pengembalian ini tidak bisa lepas dari kinerja korporasi yang tidak sehat menjadi sehat," tutur dia. 

    Pengamat politik dari Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus mengatakan DPR mestinya membentuk panitia khusus (pansus) yang juga melibatkan banyak fraksi dan memiliki kewenangan yang lebih kuat. "Pembentukan panja itu merupakan kelemahan daya tawar DPR kepada pemerintah," kata dia. 






    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id