Alasan Militer Terlibat dalam Pembentukan Food Estate

    Antara - 07 Juli 2020 19:30 WIB
    Alasan Militer Terlibat dalam Pembentukan <i>Food Estate</i>
    Ilustrasi food estate. MI
    Jakarta: Kementerian Pertahanan menerima tanggung jawab sebagai leading sector (penggerak) pembentukan lumbung pangan (food estate). Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk merevitalisasi logistik nasional lewat program food estate pada Selasa, 7 Juli 2020.

    "Hari ini Kemhan diberikan tanggung jawab oleh Presiden Jokowi sebagai leading sector untuk perkuat food estate," kata Juru bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak, dalam diskusi virtual bertema “Strategi di Balik Kebijakan Alokasi Anggaran Pertahanan", Selasa, 7 Juli 2020.

    Jokowi dan Prabowo rencananya akan meninjau Kalimantan Tengah yang akan dijadikan salah satu lokasi lumbung pangan nasional. Food estate ini akan menjadi logistik cadangan strategis bagi Indonesia yang nanti ditangani prajurit TNI.

    Mengutip survei yang dilakukan The Economist pada 2017, Dahnil menyebut negara yang mempunyai ketahanan pangan yang stabil justru berasal dari kawasan Eropa dan Amerika Utara. Asia dan Afrika, justru meninggalkan sektor pertanian karena mengadopsi industrialisasi demi mendorok pertumbuhan ekonomi.

    Baca: Presiden Menugasi 3 Menteri Bangun Kawasan Food Estate di Kalteng

    Eropa dan Amerika, lanjut Dahnil, mulai menerapkan deindustrialisasi. Malah Eropa dan Amerika Utara mulai masuk ke ekonomi hijau atau beragam bentuk ekonomi yang lebih ramah lingkungan dan pertanian.

    Sektor pertanian di kawasan tersebut mendapat subsidi besar-besaran. Ramalan The Economist, Eropa dan Amerika Utara punya ketahanan pangan yang kuat pada 2030.

    "Nah, dalam perspektif itulah kita ingin mengubah ramalan itu. Sekarang saat pandemi covid-19. Semuanya sadar betul ujung-ujungnya yang paling kita butuhkan adalah tempat tinggal dan pangan," katanya.

    Sebelumnya, Presiden Jokowi memberikan tugas secara khusus terkait dengan ketahanan pangan kepada tiga menteri, yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Menhan Prabowo.

    Baca: Keterlibatan Militer Tingkatkan Produksi Pangan Dinilai Penting

    (SUR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id