Kendala Penyaluran Bantuan untuk TKI di Malaysia

    Anggi Tondi Martaon - 26 April 2020 06:52 WIB
    Kendala Penyaluran Bantuan untuk TKI di Malaysia
    Ilustrasi penyebaran virus korona. Medcom.id/M Rizal
    Jakarta: Pemerintah terbentur beberapa kendala dalam menyalurkan bantuan ke tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia. Di antaranya, pengadaan paket bantuan yang akan diberikan.

    "Terkendala pengadaan sembako dalam jumlah besar," kata Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Judha Nugraha kepada Medcom.id, Minggu 26 April 2020.

    Pemerintah juga terkendala dengan kebijakan Perintah Kawalan Pergerakan (Movement Control Order/MCO) yang dikeluarkan pemerintahan Malaysia. Kebijakan tersebut membatasi gerak pendistribusian bantuan.

    Pemerintah Indonesia bekerja bekerja sama dengan komunitas masyarakat Indonesia di Malaysia. Mereka membantu menyalurkan distribusi ke TKI.

    "Salah satu upaya untuk mengatasinya adalah dengan bekerja sama dengan komunitas masyarakat Indonesia di Malaysia," ungkap dia.

    Baca: 134 Ribu Paket Bantuan Disalurkan ke TKI di Malaysia

    Juru bicara Kemenlu Teuku Faizasyah mengatakan, pemerintah sudah berkoordinasi dengan otoritas di Malaysia dalam penyaluran bantuan ini. Sehingga, kebijakan perwakilan dan relawan Indonesia bisa bergerak dengan mudah selama MCO diterapkan.

    "Setiap penyaluran ya diatur dulu, dilaporkan ke otoritas Malaysia. Sejauh ini lancar karena diatur dengan baik," kata Faizasyah.

    Pemerintah Malaysia menerapkan kebijakan MCO untuk mengatasi penyebaran wabah virus korona. Kebijakan tersebut berdampak terhadap 1,2 juta TKI. Beberapa di antaranya mulai mengeluhkan kelaparan.


    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini: https://www.medcom.id/corona

    (SUR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id