Indonesia Diminta Waspada Terhadap Resesi

    Cindy - 23 Februari 2020 20:20 WIB
    Indonesia Diminta Waspada Terhadap Resesi
    Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (tengah) saat pelantikan pengurus DPW Partai NasDem Kepulauan Riau. Medcom.id/Cindy
    Batam: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh bersyukur Indonesia telah menjadi negara maju. Namun, dia meminta Indonesia tetap waspada terhadap kemungkinan resesi. 

    "Ada fluktuasi, setiap saat bisa terjadi. Satu resesi bisa membalikkan lagi kita kepada positioning yang sudah di atas, terbalik lagi ke bawah," ujar Surya Paloh usai pelantikan DPW Partai NasDem Kepulauan Riau di Hotel The Western Premiere, Kota Batam, Kepulauan Riau, Minggu, 23 Februari 2020. 

    Menurut dia, Indonesia harus menegakkan disiplin untuk mempertahankan posisi sebagai negara maju. Etos kerja yang tinggi juga harus dijaga dengan baik.

    "Kalau disiplin nasional kita rendah, etos kerja kita juga rendah, kreativitas juga rendah, teramat mudah terombang-ambing di kompetisi yang begitu berat," kata Surya Paloh.

    Baca: Ekonomi Indonesia Diyakini Papan Atas Dunia Sebelum 2045

    Indonesia Diminta Waspada Terhadap Resesi

    Ilustrasi. Dokumentasi Media Indonesia

    Kantor Perwakilan Perdagangan Amerika Serikat atau Office of the US Trade Representative (USTR) mencabut Indonesia dari daftar negara berkembang. Indonesia dianggap negara maju dan tak lagi mendapat perlakuan istimewa dalam perdagangan internasional. 

    Kebijakan tersebut berlaku sejak 10 Februari 2020. Keanggotaan Indonesia dalam Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) juga ikut dicabut. 

    Ada 24 negara lain yang dikeluarkan dari daftar negara berkembang. Yakni, Albania, Argentina, Armenia, Brazil, Bulgaria, Tiongkok, Kolombia, Kosta Rika, Georgia, Hong Kong, India, Kazakhstan, Republik Kirgis.

    Malaysia, Moldova, Montenegro, Makedonia, Romania, Singapura, Afrika Selatan, Korea Selatan, Thailand, Ukraina, dan Vietnam.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id