Kesehatan Jiwa Masyarakat Perlu Diperhatikan Saat Pandemi

    Kautsar Widya Prabowo - 13 Agustus 2020 07:53 WIB
    Kesehatan Jiwa Masyarakat Perlu Diperhatikan Saat Pandemi
    Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Istimewa
    Jakarta: Pemerintah diminta tak hanya menangani pandemi covid-19 dari pendekatan kesehatan fisik. Perlindungan kesehatan fisik, mental, dan jiwa segenap warga negara Indonesia harus terlaksana.

    "Pendiri bangsa kita mencita-citakan Indonesia Raya dapat dicapai lewat membangun jiwa dan membangun badan atau raga. Pesan yang kuat bahwa tidak bisa dipisah antara jiwa dan raga sebagai satu kesatuan yang utuh," ujar Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat saat menjadi pembicara kunci dalam diskusi daring bertema Mengantisipasi Rawan Kesehatan Jiwa Selama Pandemi, Rabu, 12 Agustus 2020.

    Rerie, sapaan akrab Lestari, menilai pandemi covid-19 membawa dampak multidimensi. Dampak pandemi kepada manusia juga menyasar dimensi psikososial.

    Contohnya, permasalahan ekonomi akibat pandemi covid-19 dapat menganggu kesehatan jiwa masyarakat. Seseorang yang mengalami masalah ekonomi dan atau terinfeksi penyakit bisa depresi. Bahkan, beberapa di antaranya mencoba bunuh diri.

    "Negara harus hadir sebagai penyedia solusi atas masalah kejiwaan yang dialami warga negara," kata Rerie.

    Baca: Kompak Atasi Masalah Kesehatan Jiwa Anak selama Pandemi

    Ia juga menyakini dampak krisis kesehatan mental itu bukan hanya menjadi permasalahan individu atau negara. Setiap warga Indonesia memiliki tanggung jawab bersama terlibat menjaga kesehatan jiwa setiap warga.

    Negara yang kuat adalah negara yang memiliki warga dengan tingkat kesehatan jiwa tinggi. "Sebaliknya, rendahnya tingkat kesehatan jiwa sebuah bangsa akan membuat pertahanan negara itu rapuh," jelasnya.

    Diskusi yang dimoderatori Ketua DPP Partai NasDem Bidang Kesehatan itu digelar oleh Forum Diskusi Denpasar12. Pelaksanaan acara bekerja sama dengan DPP Partai NasDem Koordinator Bidang Kebijakan Publik dan Isu Strategis.

    (SUR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id