• DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK : Tanggal 18 SEP 2018 terkumpul RP 19.911.330.901

PKB akan Kawal Pembahasan RUU Pesantren

14 September 2018 23:28 wib
Ilustrasi pesantren. Foto: Medcom.ID/Arga Sumantri
Ilustrasi pesantren. Foto: Medcom.ID/Arga Sumantri

Jakarta: Badan Legislasi (Baleg) DPR menetapkan Rancangan Undang-undang (RUU) Pesantren dan Pendidikan Keagamaan menjadi RUU inisiatif DPR. Pengesahan RUU ini menjadi tonggak keadilan dalam persoalan ketidakadilan di dunia pendidikan.

Ketua Fraksi PKB MPR, Jazilul Fawaid, mengatakan sejak awal PKB telah ikut menginisiasi RUU tersebut melalui tim yang telah lama dibentuk. 

“Sudah lebih dari satu tahun PKB membentuk tim khusus untuk memperjuangkan RUU ini. Mudah-mudahan menjadi titik awal membangun keadilan pendidikan, terutama dunia pesantren yang sejak dulu kurang mendapatkan perhatian," kata Jazilul, seperti dilansir Antara, Jumat, 13 September 2018.

RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan telah diusulkan agar masuk prolegnas sejak 2013. RUU ini mengamanatkan negara agar lebih menguatkan pendidikan pesantren, baik dari segi pendanaan, pengakuan, maupun sinkronisasi kurikulum dengan lembaga pendidikan umum.

Selanjutnya, kata dia, PKB akan terus berjuang agar RUU ini disahkan menjadi undang-undang. “Kita tetap mendorong agar disahkan menjadi UU. Setelah itu PKB juga akan ikut aktif mengawal penerapan UU ini hingga benar-benar dirasakan dampaknya oleh pesantren,” kata Jazilul.

Ia menambahkan RUU ini akan menjadi sejarah awal penguatan pesantren. Sebab, sebagai institusi pendidikan tertua di Indonesia, pesantren belum sepenuhnya mendapat pengakuan negara. 

“Jangan ditanya sumbangsih pesantren terhadap negara, banyak sekali. Kalau masyarakat di kampung-kampung sih sudah banyak yang mengakui peran pesantren, tapi pengakuan negara belum sepenuhnya."

Kini saatnya negara memberikan pengakuan yang pantas untuk pesantren,” kata dia.


(UWA)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.