comscore

Pembangunan Huntara Bagi Warga Terdampak Erupsi Semeru Diminta Rampung Saat Lebaran

Kautsar Widya Prabowo - 14 Januari 2022 19:15 WIB
Pembangunan Huntara Bagi Warga Terdampak Erupsi Semeru Diminta Rampung Saat Lebaran
Wakil Presiden Maruf Amin. Dok Setwapres.
Jakata: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menginstruksikan jajaran terkait untuk segera merampungkan pembangunan hunian sementara (huntara) bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru. Bangunan huntara harus sudah bisa ditempati warga sebelum hari raya Idulfitri 2022.

"Permintaan saya secepatnya sesuai dengan permintaan para pengungsi. Supaya mereka menepati secara cepat, diperkirakan hari raya," kata Ma'ruf dalam keteranganya secara virtual di kanal YouTube Wakil Presiden Republik Indonesia, Jumat, 14 Januari 2022.
Ma'ruf mengatakan lokasi pembangunan huntara dan hunian tetap (hutap) berdekatan. Sehingga, masyarakat tidak kesulitan beradapatasi ketika menempati hutap.

Selain itu, pembangunan huntara dan hutap ini akan mengusung konsep desa smart village. Nantinya, dalam satu lokasi dilengkapi dengan sejumlah fasilitas penunjang aktivitas masyarakat

"Ada pasar, ada (fasilitas) kesehatan, ruang terbuka, ada sekolah, tempat olahraga. Beberapa tempat usaha (seperti) kandang sapi terpadu, dan disiapkan lahan pakan sapi," kata Ma'ruf.

Baca: Wapres Sebut Huntara di Lumajang Perkampungan Relokasi Ideal

Pemerintah juga telah menyediakan tempat penampungan air minum. Termasuk, sistem pengelolaan limba secara terpadu.

"Ini yang disebut dengan smart village yang kita jadikan model kalau (ada) semacam relokasi seperti ini (akan menggunakan smart village)," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Lumajang Thoriqul Haq menjelaskan pembangunan huntar dan huntap ini akan dibantu sejumlah relawan dan lembaga swadaya masyarakat. Proses pembangunan memakan waktu satu hingga satu setengah bulan.

"NGO (non governmental organisation) yang nanti membangun secara bersama, tidak satu per satu. Blok sudah dibagi. Blok A (akan dibangun oleh) NGO mana," kata dia.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id