comscore

Kegagalan Diplomasi Eropa Mencegah Konflik Rusia-Ukraina Dipertanyakan

Theofilus Ifan Sucipto - 27 Februari 2022 12:08 WIB
Kegagalan Diplomasi Eropa Mencegah Konflik Rusia-Ukraina Dipertanyakan
Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Andi Widjajanto. Istimewa
Jakarta: Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Andi Widjajanto mempertanyakan kegagalan diplomasi Eropa untuk mencegah konflik Rusia-Ukraina. Padahal, ada sejumlah mekanisme yang bisa dilakukan.

"Kenapa strategi-strateginya gagal untuk membuat para aktor bersifat rasional untuk tidak melakukan serangan militer dan kenapa diplomasinya gagal?" kata Andi dalam diskusi virtual Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Rusia Serang Ukraina, Cina Ambil Taiwan?’ Minggu, 27 Februari 2022.
Andi menyebut secara akademik ada konsep-konsep untuk mencegah konflik. Misalnya, confidence building mission, gelar nonprovokatif, dan gelar nonofensif.

"Termasuk konsep menyepakati bahwa gelar kekuatan dalam skala besar justru memunculkan kerawanan timbal balik," kata dia.

Andi mencontohkan penggunaan konsep itu dalam era Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dengan Pakta Warsawa. Kala itu, Pakta Warsawa sangat unggul dengan tank kelas berat dan kavalerinya. Sedangkan NATO sangat unggul dengan rudal jarak pendek dan jarak menengah.

"Ini menghasilkan kerawanan timbal balik yang membuat kedua blok ini betul-betul rasional untuk mengeskalasi krisisnya ke level perang terbuka," kata dia.

Baca: Jokowi Sudah Prediksi Ketegangan di Eropa Lewat Pidato ‘Winter is Coming’

Presiden Rusia Vladimir Putin mendeklarasikan dimulainya operasi militer khusus di Ukraina. Ia berjanji akan berusaha untuk demiliterisasi tapi tidak menduduki negara itu.
 
Putin mengatakan operasi itu akan bertujuan untuk 'demiliterisasi dan denazifikasi' Ukraina. Hal ini mengacu pada pernyataan Kremlin bahwa militer Ukraina mengancam Rusia dan dijalankan oleh neo-Nazi.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id