3 Sosok Kontroversial yang Comeback Berkat Youtube

    Medcom - 09 Juni 2020 14:15 WIB
    3 Sosok Kontroversial yang <i>Comeback</i> Berkat Youtube
    Helmy Yahya (kanan). Foto: Antara/M Adimaja
    Jakarta: Empat bulan lalu wajah Helmy Yahya kuyu. Dewan Redaksi TVRI tiba-tiba memecatnya sebagai direktur utama. Pada 20 April, mulut Refly Harun juga kelu. Jabatan sebagai bos PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo I) harus ditanggalkan. Menteri BUMN Erick Thohir memecatnya.

    Lain lagi dengan Mardigu Wowiek Prasantyo. Tanpa ragu dia koar-koar soal konspirasi. Terang saja bahasan ini banyak dicari warganet, apalagi di tengah pandemi virus korona (covid-19). Mardigu lantas dielu-elukan. Sebagai bentuk kepercayaan atas alur pikirnya, Mardigu banyak menangguk pengikut.

    Pekan kemarin, Medcom.id membahas tiga sosok kontroversial itu. Bagaimana mereka bisa comeback dari keterpurukan? Resep apa saja hingga membuat mereka tenar kembali? 

    Pas kiranya jika mereka disebut para pionir yang sudah lebih dulu sadar dengan keadaan new normal. Kenormalan baru dalam arti ketenaran yang diraup dari platform kekinian bernama Youtube.

    3 Sosok Kontroversial yang <i>Comeback</i> Berkat Youtube
    Foto: MI/M Adimaja

    1. Refly Harun

    Akronim-akronim akrobatik hampir selalu menjadi pembuka konten Refly Harun di kanal pribadi YouTube-nya. Bermodal kaus atau kemeja berwarna cerah, eks komisaris Pelindo I ini tangkas bersilat lidah tentang persoalan hukum di Indonesia.
     
    Racikan itu jitu menggiring penonton YouTube melirik channel-nya. Terbukti, baru meluncur pada 22 Maret 2020, dia sudah bisa menarik hampir 7,5 juta viewers hingga 2 Mei 2020. Dan dalam rentang yang belum genap dua bulan itu, pengikut setianya (subscriber) pun sudah di angka 144 ribu.
     
    Padahal, tepat sebulan sebelumnya, dia baru mendapat musibah dipecat sebagai orang penting di BUMN. Kabar miring tentang dia pun sempat lamat-lamat terdengar.

    Artikel lengkapnya: Siasat Youtuber Refly Harun Memoles Konten Hukum Jadi Harum

    3 Sosok Kontroversial yang <i>Comeback</i> Berkat Youtube
    Foto: Antara/Indriyanto Eko S

    2. Helmy Yahya

    Bagi Helmy Yahya, dipecat sebagai bos Televisi Republik Indonesia (TVRI) bukan malapetaka. Dia selalu punya cara lolos dari lubang jarum. Januari 2020 dipecat, kini dia sudah gagah lagi.
     
    Spesialisasinya sebagai presenter semakin mapan begitu bersalin rupa menjadi youtuber, sebutan bagi orang yang suka membuat konten di media sosial Youtube. Dengan pembawaan yang santai, warganet langsung terpikat dengan konten-kontennya yang menarik dan bervariasi.
     
    Dia bungkus persoalan terkini seperti pandemi pandemi virus korona (covid-19) ataupun persoalan bisnis jadi konten manis. Drama pemecatannya dari TVRI bahkan dia olah dengan sajian talkshow yang menarik orang untuk mem-follow.

    Artikel lengkapnya: 5 Faktor Cuan Helmy Yahya Berlipat Usai Dipecat dari TVRI

    3 Sosok Kontroversial yang <i>Comeback</i> Berkat Youtube
    Ilustrasi: Instagram @mardiguwp

    3. Mardigu Wowiek Prasantyo

    Mardigu Wowiek Prasantyo sudah dikenal banyak orang jauh sebelum berbicara soal konspirasi virus korona (covid-19) dan diundang Youtuber Deddy Corbuzier. Setidaknya, oleh mereka yang ikut pelatihan untuk menjadi kaya yang diinisiasi pria yang kerap dipanggil Bossman Sontoloyo itu.
     
    Keterampilan bicara Wowiek menyihir ribuan orang. Mereka rela membayar jutaan demi dibius kata-kata Wowiek lewat sejumlah pelatihan.
     
    Pengusaha yang mengklaim sebagai triliuner dengan 32 perusahaan skala nasional dan regional ini juga rajin merawat penggemar setianya. Konten-konten Wowiek di media sosial banyak diisi konspirasi dan humor yang menjadi santapan lezat bagi warganet.

    Artikel lengkapnya: Bossman Mardigu Pemberi Bumbu Konspirasi


    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id