Presiden Instruksikan Tjahjo Bangun Sistem Reformasi Birokrasi

    Damar Iradat - 19 November 2019 17:21 WIB
    Presiden Instruksikan Tjahjo Bangun Sistem Reformasi Birokrasi
    Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo. ANT/Puspa Perwitasari.
    Jakarta: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta. Jokowi menginstrusikan Tjahjo konsisten membangun sistem reformasi birokrasi. 

    "Sekarang sudah jalan (reformasi birokrasi), tapi kebanyakan hanya di kulit, yang diinginkan beliau reformasi birokrasi yang sampai ke jantungnya," kata Tjahjo usai pertemuan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 19 November 2019. 

    Jokowi memberikan arahan ihwal skala prioritas tentang reformasi birokrasi. Intinya seperti perbaikan rekrutmen CPNS, membangun manajemen kinerja, dan penataan birokrasi organisasi pemerintah yang ramping. 

    Jokowi juga menginstruksikan Tjahjo mereformasi sejumlah regulasi. Kepala Negara, kata dia, ingin harmonisasi antara pemerintah pusat dan daerah bisa membangun inovasi ke depannya. 

    "Itu juga diarahkan, sekaligus juga dalam konteks pengawasan birokrasi pemerintah yang harus semakin efektif dan efisien," tutur dia. 

    Jokowi, lanjut Tjahjo, tata kelola pemerintah semakin efisien dalam lima tahun ke depan. Presiden ingin mempercepat reformasi birokrasi untuk penguatan di semua bidang.

    Kemenpan-RB tak bergerak sendiri dalam mereformasi birokrasi. Kementerian Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan, Kementerian Dalam Negeri, Kantor Staf Kepresidenan, dan Ombudsman, bahu membahu menciptakan sistem birokrasi yang diinginkan Kepala Negara.

    "Arahan Pak Presiden, target harus terukur, mencermati berbagai aspek, waktunya, manfaat yang termonitor dan terevaluasi dengan baik, kemudian diharapkan KemenPanRB konsisten membangun sistem reformasi birokrasi," jelas politikus PDI Perjuangan itu.

    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id