Surya Paloh Ajak Mahasiswa Berdialog

    Faisal Abdalla - 29 September 2019 23:07 WIB
    Surya Paloh Ajak Mahasiswa Berdialog
    Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Foto: MI/Mohamad Irfan
    Jakarta: Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh angkat bicara terkait serangkaian aksi mahasiswa menolak Revisi Undang-undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Revisi Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) dan RUU lainnya. Surya ingin kekisruhan yang terjadi akhir-akhir ini dapat diselesaikan dengan jalan dialog. 

    "NasDem berupaya sepenuhnya membangun komunikasi baik dialog atau cara apapun yang baik dengan mahasiswa," kata Surya dalam acara ramah tamah dengan caleg terpilih NasDem di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Minggu, 29 September 2019. 

    Surya menyebut NasDem menghormati keputusan parlemen terkait pengesahan revisi UU KPK. Namun di saat yang sama, NasDem juga menghormati aspirasi masyarakat, apalagi aspirasi itu datang dari kalangan muda seperti mahasiswa. 

    Surya bahkan mengakui Partai NasDem memiliki andil atas disahkanya UU KPK, lantaran beleid itu memang disepakati oleh seluruh fraksi untuk disahkan. NasDem siap mengakui kesalahan jika memang pengesahan revisi UU KPK itu dianggap salah. 

    Namun untuk menyelesaikan perdebatan ini, Surya menyarankan mahasiswa menempuh uji materi (judicial review) di Mahkamah Konstitusi (MK). Surya menyebut MK merupakan jalan terbaik untuk menyelesaikan persoalan ini. 

    Sebaliknya, Surya tak sepakat jika aksi turun ke jalan terus dilakukan. Hal ini lantaran aksi demo mahasiswa sangat rentan ditunggangi oleh pihak-pihak yang memiliki agenda terselubung. 

    "Membangun keutuhan agar tidak memberikan kesempatan kepada provokator politik dan kaum radikal di negeri ini yang ikut memperkuat barisan aksi mahasiswa dalam dibungkus yang sama menentang RUU KPK. Tapi memiliki upaya kelanjutan sendiri, agenda sendiri, hidden agenda," ujar Surya. 

    Sebelumnya, aksi demonstrasi mahasiswa di Gedung MPR/DPR pada Selasa, 24 September 2019 berakhir ricuh. Selanjutnya, pada Rabu, 25 aksi demonstrasi pelajar di Gedung MPR/DPR juga berakhir ricuh.



    (DMR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id