Warga Diminta Adukan Masalah Bansos ke Dinsos

    Nur Azizah - 14 Mei 2020 14:31 WIB
    Warga Diminta Adukan Masalah Bansos ke Dinsos
    Pegawai PT POS Indonesia (Persero) berkoordinasi sebelum pelepasan distribusi bantuan sosial sembako di depan Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 20 April 2020. Foto: Antara/Sigid Kurniawan-Pool
    Jakarta: Menteri Sosial Juliari P Batubara mengaku tak membuat posko khusus pengaduan bantuan sosial (bansos) di setiap daerah. Juliari meminta warga mengadukan penyimpangan atau masalah bansos ke dinas sosial (dinsos) di tiap wilayah.

    "Tidak mungkin kami punya posko pengaduan di setiap daerah. Silakan mereka ke dinas sosial masing-masing daerah," kata Juliari kepada Medcom.id, Jakarta, Kamis, 14 Mei 2020.

    Menurut dia, dinas sosial yang memiliki data siapa saja penerima bansos. Kendati begitu, Kementerian Sosial tetap membuka kanal pengaduan ke bansoscovid19@kemsos.go.id dan hotline di nomor 08111022210.

    "Kami (Kemensos) sudah ada nomor WhatsApp, email pengaduan," ujar Juliari.

    Ombudsman menerima 387 aduan masyarakat terkait dampak pandemi virus korona (covid-19). Dari laporan itu, 278 masyarakat atau 72 persen mengeluhkan proses pembagian bansos yang tidak tepat sasaran.

    "Bantuan sosial itu menyangkut penyaluran bantuan tidak merata, prosedur dan persyaratan untuk penerima yang tidak jelas," kata Ketua Ombudsman Amzualian Rifai dalam konferensi pers secara virtual, di Gedung Ombudsman, Jakarta Selatan, Rabu, 13 Mei 2020.

    Rifai menilai persoalan ini disebabkan tidak ada data terbaru yang melingkupi kondisi ekonomi masyarakat Indonesia. Pemerintah sejatinya sudah berkali-kali diperingatkan agar memiliki data yang menyeluruh.

    Warga Diminta Adukan Masalah Bansos ke Dinsos

    Baca: DPRD DKI Tagih Data Penerima Bansos Tahap Dua

    "Covid-19 mengakibatkan kelompok menengah rentan mendadak miskin. Oleh karenanya akurasi data niscaya menjadi persoalan," tutur dia.

    Ombudsman merekomendasikan pemerintah menyiapkan penanggung jawab khusus. Petugas ini harus menangani laporan masyarakat terkait keluhan atas layanan publik di tengah pandemi covid-19

    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id