Banyak Masyarakat Tak Paham Syarat Mendapatkan Sembako

    Kautsar Widya Prabowo - 02 Juli 2020 04:39 WIB
    Banyak Masyarakat Tak Paham Syarat Mendapatkan Sembako
    Ilustrasi bansos. Antara/Oky Lukmansyah
    Jakarta: Ombudsman Republik Indonesia menyebut banyak masyarakat yang tidak memahami prosedur dan tata cara memperoleh bantuan sembako dari pemerintah. Padahal, jaringan pengaman sosial itu dibutuhkan masyarakat untuk bertahan hidup di tengah pandemi covid-19.

    Anggota Ombudsman RI Ahmad Suaedy menjelaskan koordinasi yang intens sudah dilakukan dengan Kementerian Sosial dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi ihwal sosialisasi pembagian sembako. Namun dari data pengaduan masyarakat, sebanyak 26 persen masih mengeluhkan kejelasan prosedur dan persyaratan program sembako.

    "Kami sudah jelaskan (banyak) masyarakat tidak paham. Masalahnya bagaimana supaya masyarakat paham," ujar Suaedy dalam diskusi virtual, Rabu, 1 Juli 2020.

    Sebanyak 21 persen masyarakat mengeluhkan distribusi bantuan sembako yang tidak merata. Ada masyarakat yang layak mendaptkan bantuan sembako, tapi tidak terdaftar sebagai penerima bantuan.

    Sejumlah masyarakat juga melaporkan tidak menerima bantuan meski sudah terdaftar. Laporan itu menduduki posisi tiga terbanyak atau 15 persen.

    Baca: Wagub DKI: Data Bansos Simpang Siur

    Ombudsman juga masih banyak menerima laporan dari masyarakat terkait pemasalahan paket sembako. Menurut Suaedy, permasalahan ini harus menjadi perhatian pemerintah.

    Tidak sedikit masyarakat yang harus kehilangan sumber penghasilan akibat pandemi covid-19. Sehingga, masyarakat cukup bergantung dengan pemberian sembako dari pemerintah.

    "Orang yang tadinya berdagang enggak boleh keluar, masuk ke rumah, padahal penghasilannya harian," tuturnya.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id