comscore

Jumlah Penjabat Kepala Daerah Dipastikan Cukup

Theofilus Ifan Sucipto - 13 April 2022 18:42 WIB
Jumlah Penjabat Kepala Daerah Dipastikan Cukup
Ilustrasi Medcom.id.
Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memastikan jumlah penjabat (Pj) kepala daerah mencukupi. Masa jabatan 101 kepala daerah akan berakhir pada 2022.

"Kalau ditanya apakah (jumlah penjabat) cukup? Sangat cukup," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Imran dalam telekonferensi di Jakarta, Rabu, 13 April 2022.
Imran mengatakan 101 penjabat kepala daerah terdiri dari gubernur, bupati, dan wali kota. Pihaknya masih terus mematangkan penggantian ratusan kepala daerah itu.

"Saat habis masa jabatan, dengan sendirinya penjabat dilantik menjadi penjabat gubernur, bupati, dan wali kota," ujar dia.

Kemendagri mempersiapkan pengisian jabatan kepala daerah yang kosong pada 2022. Pada tahun ini, terdapat 101 daerah (provinsi, kabupaten, dan kota) akan berakhir masa jabatan kepala daerahnya.

Baca: Pemerintah Diingatkan Tak Angkat Penjabat Kepala Daerah dari TNI-Polri
 
Kekosongan jabatan kepala daerah tersebut akan diisi oleh Pj kepala daerah. Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Benni Irwan mengatakan sudah meminta gubernur untuk mengusulkan nama-nama calon Pj bupati dan wali kota.

Menurut Benni, usulan yang muncul dari para gubernur daerah akan menjadi pertimbangan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Jika lolos dari pertimbangan Tito, calon Pj akan dilantik menggantikan kepala daerah yang habis masa jabatannya.
 
"Kemendagri sudah minta kepada gubernur mengusulkan nama-nama calon penjabat bupati dan wali kota untuk selanjutnya dipertimbangkan dan tetapkan sebagai Pj kepala daerah," kata Benni dilansir Media Indonesia, Rabu, 13 April 2022.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id