comscore

Gugatan Kepengurusan Suharso Monoarfa Disebut untuk Meruntuhkan KIB

Anggi Tondi Martaon - 27 Juni 2022 18:52 WIB
Gugatan Kepengurusan Suharso Monoarfa Disebut untuk Meruntuhkan KIB
Aksi menggugat kepemimpinan Suharso di PPP/Medcom.id/Lukman Diah Sari
Jakarta: Kepengurusan Suharso Monoarfa di Partai Persatuan Pembangunan (PPP) digoyang sejumlah pihak yang mengaku kader partai berlambang Ka'bah. Target akhir upaya tersebut tak sekadar menurunkan Suharso.

"Lebih (target akhir) ke KIB (Koalisi Indonesia Bersatu)," kata pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Research Oriented Development Analysis (RODA) Ahmad Rijal Ilyas di kawasan Jakarta Pusat, Senin, 27 Juni 2022.
Dia pun menjelaskan alasan kenapa PPP yang ingin disasar untuk meruntuhkan KIB. Sebab, kedua partai lainnya, yakni Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) sulit diganggu.

Golkar, kata Ahmad, merupakan partai yang sulit diganggu dari luar. Apalagi, partai berlambang pohon beringin itu merupakan partai terbesar di KIB.

Sedangkan PAN disebut tidak punya rekam jejak terjadi konflik internal. Hal berbeda dengan PPP yang mempunyai rekam jejak konflik internal.

"Jadi orang-orang yang tidak menginginkan KIB itu solid mau enggak mau larinya ke PPP," ungkap dia.
 

Baca: Demo Tuntut Ketum PPP Suharso Mundur


Upaya meruntuhkan KIB dilakukan dengan memanfaatkan oknum yang sakit hati dengan kepengurusan saat ini. Diduga, mereka tidak mendapatkan tempat di kepengurusan DPP PPP.

"Pengembosan dari eksternal dia memakai kaki-kaki dari internal PPP yang mungkin sakit hati atau nggak suka atau dia kita nggak tahu dia nggak jadi apa-apa mungkin ya. Atau orang kalah lah bisa terjadi," ujar dia.
 
Sebelumnya, sekelompok massa yang tergabung Front Kader Penyelamat Partai (FKPP) PPP menggelar unjuk rasa di Menteng, Jakarta, Jumat, 24 Juni 2022. Mereka mendesak Suharso mundur karena perolehan suara partai lambang Ka'bah itu merosot para Pemilu 2019.

Unjuk rasa menuntut Suharso mundur tak hanya dilakukan di DPP PPP. Sekelompok massa juga menggelar aksi yang sama di sejumlah daerah, salah satunya kantor DPW PPP Banten.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id