Data Bansos Bakal Dibuka, Masyarakat Bisa Protes

    Candra Yuri Nuralam - 14 April 2021 10:32 WIB
    Data Bansos Bakal Dibuka, Masyarakat Bisa Protes
    Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini/Antara/Eric Ireng.



    Jakarta: Kementerian Sosial (Kemensos) bakal membuka data penerima bantuan sosial (bansos). Kemensos sudah bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait hal itu.

    "Ke depan, adalah bagaimana data ini bisa kita berikan secara transparan, siapa pun bisa melihat siapa yang menerima bantuan sehingga koreksi itu bisa dilakukan masyarakat," kata Menteri Sosial Tri Rismaharini melalui telekonferensi, Selasa, 13 April 2021.






    Risma mengatakan masyarakat punya hak untuk protes dengan berbekal data. Kemensos akan mendengarkan seluruh keluh kesah masyarakat.

    Baca: Operasional Kemensos Didigitalisasi Cegah Korupsi Bansos Terulang

    "Jadi kalau tetangga saya enggak layak terima bantuan tapi ada, yang mengoreksi data Kemensos adalah masyarakat," ujar Risma.

    Kemensos juga bakal memberikan akses untuk kepala daerah melakukan koreksi dengan data penerima bansos. Kewenangan itu diberikan, karena kepala daerah lebih paham dengan warganya ketimbang pemerintah pusat.

    "Pemerintah daerah bisa meng-update karena tidak bisa data itu selamanya tetap, karena ada yang meninggal, pindah, dan sebagainya yang harus terus di-update datanya tiap bulan. Itu yang kita upayakan," tutur Risma.

    Dia berharap data tersebut bisa dibuka di pertengahan bulan ini. Sehingga, data menjadi transparan dan diakses siapa saja.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id