Presiden Jokowi Minta TNI-Polri Konsisten Dukung Penerapan Prokes

    Siti Yona Hukmana - 15 Februari 2021 20:09 WIB
    Presiden Jokowi Minta TNI-Polri Konsisten Dukung Penerapan Prokes
    Presiden Joko Widodo. DOK Sekretariat Kepresidenan



    Jakarta: TNI-Polri menggelar rapat pimpinan (rapim) 2021 di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mabes Polri, Jakarta Selatan. Rapim digelar setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pembekalan kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di istana negara, Jakarta, Senin pagi, 15 Februari 2021.

    "Pembekalannya, TNI-Polri tetap mendukung dan melaksanakan penegakan disiplin protokol kesehatan, termasuk juga mendukung 3T (treatmen, tracing, dan testing) serta mendukung pelaksanaan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro," kata Hadi di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 15 Februari 2021.






    Hadi mengatakan Presiden Jokowi juga meminta TNI-Polri untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi. Dia menyatakan sudah menyiapkan ribuan tenaga vaksinator baik dari TNI maupun Polri untuk melaksanakan vaksinasi di akhir Februari 2021.

    Selain itu, Hadi menyebut Kepala Negara juga meminta TNI-Polri mendukung distribusi vaksin ke seluruh wilayah Indonesia. Kemudian, memantau pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro yang berbasis rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW). 

    Selanjutnya, TNI-Polri diminta untuk mendukung iklim investasi terkait dengan situasi dan kondisi keamanan yang kondusif. Rapim TNI-Polri juga dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. 

    "Ada juga dari Kementerian BUMN dan dari Komnas HAM sebagai narsum, kehadiran narsum telah menguatkan pola tindak TNI dan strategi TNI termasuk Polri dalam mendukung kebijakan pemerintah," ungkap jenderal TNI bintang empat itu.

    Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut Presiden Jokowi juga meminta TN-Polri memperkuat sinergitas dan soliditas dalam menghadapi pandemi covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Sinergitas itu dibuktikan dengan melakukan upaya-upaya bersama penanggulangan covid.

    "Yaitu mulai dari melakukan peningkatan kedisiplinan terkait dengan masalah peraturan protokol kesehatan, mendukung program vaksinasi massal yang saat ini sedang digelar dan kemudian ke depan juga tebtunya akan ada penambahan jumlah vaksin yang akan didistribusikan," ujar Listyo. 

    Tak kalah penting, Presiden Jokowi juga disebut meminta TNI-Polri bersinergi dalam membantu mempersiapkan vaksinator. Sebagai upaya mempercepat program vaksinasi nasional.

    Baca: TNI-Polri Dirikan 13.175 Posko Terpadu di 17.680 Kelurahan

    Listyo mengatakan dalam program PPKM skala mikro, TNI-Polri telah mengerahkan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas). Babinsa dan Bhabinkamtibmas akan dijadikan ujung tombak PPKM skala mikro berbasis rukun RT dan RW.

    "Bekerja sama juga dengan linmas, kemudian ketua RT, ketua RW atau lurah untuk betul-betul bisa melakukan penegakan aturan terkait dengan 3T dengan tidak melupakan program 3M (menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan)," ujar jenderal polisi bintang empat itu. 

    Listyo berharap langkah-langkah tersebut menekan penyebaran covid-19. Menurut dia, dari hasil evaluasi PPKM mikro sementara, terjadi penurunan penambahan kasus covid-19 harian di Indonesia. 

    "Saat ini dari jumlah 13 ribu atau 12 ribu, sudah turun menjadi angka 9.000 bahkan 8.000. Mudah-mudahan program ini terus bisa kita laksanakan, sehingga angka laju pertumbuhan covid-19 betul-betul bisa ditekan," ungkap mantan Kabareskrim Polri itu.

    Selanjutnya, Listyo memastikan akan mengawal pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Pengawalan itu akan dilakukan terhadap program-program nasional yang bersifat padat karya, baik itu infrastruktur atau program lainnya. 

    "Tentunya tidak kalah penting adalah pendampingan terkait adanya refocusing anggaran," kata Listyo. 

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id