Jokowi Berharap Semangat ASN Terjaga di Tengah Pandemi

    Theofilus Ifan Sucipto - 29 November 2020 13:16 WIB
    Jokowi Berharap Semangat ASN Terjaga di Tengah Pandemi
    Presiden Joko Widodo/Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
    Jakarta: Presiden Joko Widodo mengapresiasi semangat Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) yang tetap mengabdikan diri di tengah pandemi covid-19. Kepala Negara berharap semangat itu tetap terjaga agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) bekerja dengan sigap dan cepat.

    “Saya berharap kesulitan dan keterbatasan itu tidak menjadi penghalang bagi kita untuk dapat bekerja dengan sigap dan cepat untuk membantu mengatasi berbagai permasalahan baik di bidang kesehatan maupun ekonomi," kata Jokowi dalam sambutan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korpri ke-49 secara virtual, Minggu, 29 November 2020.

    Baca: 10 Lembaga Nonstruktural Dibubarkan Jokowi

    Jokowi memahami pandemi covid-19 menjadi tantangan Korpri menjalankan tugasnya sebagai abdi negara. Namun pelayanan publik harus tetap berjalan.

    Pandemi covid-19, kata Jokowi, justru menjadi momentum perubahan fundamental dari cara-cara biasa menjadi cara-cara luar biasa. Salah satunya mempercepat reformasi birokrasi dan struktural dengan memanfaatkan teknologi.

    “Reformasi struktural sudah tidak bisa ditunda-tunda lagi. Regulasi yang rumit dan menghambat kreativitas kerja harus dipangkas dan disederhanakan,” tegas Presiden.

    Percepatan reformasi itu harus diimbangi kemampuan birokrat beradaptasi dengan perubahan zaman. Seluruh birokrat dituntut lebih terampil menggunakan teknologi guna mewujudkan hal itu.

    Jokowi menyebut jenjang eselonisasi yang panjang juga harus dipangkas untuk mempercepat pengambilan keputusan. Standar operasional dan prosedur (SOP) yang berbelit kini harus fleksibel dan berorientasi pada hasil.

     “Konsekuensinya, kompetensi SDM (sumber daya manusia) aparatur sipil negara harus menyesuaikan,” tutur dia.

    Jokowi mengimbau seluruh ASN di Indonesia menjadi simpul pemersatu bangsa di tengah perbedaan. Semangat mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta menjaga nilai-nilai toleransi dan kerukunan perlu dijaga.

    "Keberadaan ASN harus memberikan teladan dalam kehidupan bermasyarakat, serta menjadi motor pembangunan dan perubahan, terutama untuk masyarakat di daerah-daerah pinggiran dan terpencil," papar Kepala Negara.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id