I Dewa Raka Sandi Bakal Gantikan Wahyu Setiawan

    Media Indonesia - 12 Januari 2020 07:44 WIB
    I Dewa Raka Sandi Bakal Gantikan Wahyu Setiawan
    Ilustrasi KPU. Foto: Medcom.id
    Jakarta: I Dewa Raka Sandi berpeluang besar menggantikan jabatan yang ditinggalkan Wahyu Setiawan sebagai Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU). Wahyu tertangkap tangan menerima suap dari calon anggota legislatif PDI Perjuangan Masiku Harun. 

    "Nomor urut delapan itu I Dewa Raka Sandi. Dulu dia Ketua KPU Provinsi Bali, sekarang dia anggota Bawaslu Provinsi Bali," ujar Ketua KPU Arief Budiman dikutip dari Media Indonesia, Minggu, 12 Januari 2020. 

    Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu menyebut penggantian antarwaktu anggota KPU dapat dilakukan dengan melihat urutan peringkat berikutnya dari hasil pemilihan di DPR. Pengganti Wahyu tidak bakal dipilih melalui fit and proper test sebagaimana proses pemilihan tujuh komisioner sebelumnya. 

    Raka Sandi meraup 21 suara saat proses seleksi di DPR pada 2017. Suara Raka Sandi di bawah Arief Budiman yang memperoleh 30 suara di peringkat tujuh. 

    Anggota Komisi II DPR Sodik Mudjahid membenarkan pengganti Wahyu berdasarkan urutan berikutnya yang telah ditetapkan DPR. Dia meminta proses penggantian segera dilakukan agar proses penyelenggaraan pemilu di 270 daerah tahun ini tidak terganggu. 

    "Presiden (Joko Widodo) harus segera menetapkan penggantinya," kata Sodik. 

    Wahyu Setiawan mengundurkan diri dari jabatannya. Wahyu mundur setelah ditetapkan tersangka kasus dugaan suap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id