Wacana Penambahan Kursi Pimpinan MPR Diputuskan Akhir Agustus

    Arga sumantri - 22 Agustus 2019 12:17 WIB
    Wacana Penambahan Kursi Pimpinan MPR Diputuskan Akhir Agustus
    Wakil Ketua MPR fraksi PKS Hidayat Nur Wahid. (Foto: MI/Susanto)
    Jakarta: Pimpinan MPR menggelar rapat pembahasan tata tertib MPR periode 2019-2024, kemarin malam. Wakil Ketua MPR fraksi PKS Hidayat Nur Wahid menyebut rapat tersebut belum menyepakati wacana penambahan kursi pimpinan.

    Menurut Hidayat, wacana penambahan kursi pimpinan MPR bakal diputuskan dalam forum rapat gabungan. Rapat tersebut akan dihadiri pimpinan MPR, fraksi, dan kelompok anggota MPR. 

    "Mungkin akan dilakukan pada akhir Agustus ini, tunggu saja nanti waktunya," kata Hidayat di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, 22 Agustus 2019. 

    Hidayat menjelaskan, rapat lebih fokus membahas tatib untuk digunakan MPR periode 2019-2024. Pembahasan cukup intensif, kata dia, terkait alat kelengkapan MPR seperti lembaga dan badan pengkajian MPR, serta badan sosialisasi dan anggaran. 

    Menurut dia, tadinya ada pemikiran untuk memasukkan lembaga pengkajian ini menjadi tim ahli MPR. Namun, sebagian menghendaki agar lembaga pengkajian tetap dilanjutkan. 

    Baca juga: KIK Belum Satu Suara Soal Penambahan Kursi Pimpinan MP

    "Saya kira pimpinan MPR setuju itu tetap dilanjutkan, tetapi dengan sebuah perbaikan terhadap aturan yang ada sehingga ada koordinasi yang baik dan maksimalisasi program antarlembaga pengkajian dengan badan pengkajian," bebernya. 

    Ia mengamini ada masukan soal wacana penambahan kursi pimpinan. Namun, usulan itu disebut masih sebatas diakomodasi oleh para pimpinan. 

    "Secara prinsip itu bagian dari pada wacana yang berkembang dan tentu pimpinan MPR akan mengakomodasi wacana-wacana yang ada," ungkapnya. 

    MPR mulai membahas wacana penambahan kursi pimpinan melalui rapat perumusan tata tertib MPR periode 2019-2024. Rangkaian perumusan dimulai dari pleno Badan Pengkajian yang dilakukan pada 19-20 Agustus 2019 di Bali. Sedangkan, rapat tim sinkronisasi yabg terdiri dari fraksi pimpinan MPR dilakukan di Surabaya pada 21-22 Agustus 2019. Hasilnya, akan dibawa pada rapat paripurna 28 Agustus 2019. 



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id