Karya Ilmiah Megawati Disebut Uraikan Nilai Pancasila untuk Masyarakat Dunia

    Anggi Tondi Martaon - 10 Juni 2021 22:43 WIB
    Karya Ilmiah Megawati Disebut Uraikan Nilai Pancasila untuk Masyarakat Dunia
    Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. ANT/Andika Wahyu



    Jakarta: Guru Besar Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Hafid Abbas kagum dengan karya ilmiah Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Tulisan bertajuk 'Sejarah Pembentukan Pancasila sebagai Prinsip Dasar Indonesia' yang dimuat di jurnal pertahanan Universitas Pertahanan RI itu disebut menginspirasi.

    "Tidak hanya di dunia pendidikan tinggi dalam negeri, tapi juga bagi masyarakat internasional. Sangat luar biasa," kata Hafid melalui keterangan tertulis, Kamis, 10 Juni 2021.

     



    Dia menilai tulisan Megawati mengurai nilai Pancasila. Hafid yang mendalami pemikiran Presiden ke-1 Indonesia Soekarno melihat refleksi Pancasila dalam karya Megawati.

    (Baca: Kronologi Pemberian Gelar Profesor Kehormatan dari Unhan untuk Megawati)

    Hafid mengatakan hal tersebut bisa menjadi rujukan bagi dunia internasional. Mantan Dirjen Hak Asasi Manusia (HAM) Kementerian Hukum dan HAM itu menyebut ada pembumian nilai Pancasila dalam tulisan tersebut. Sehingga, menyentuh semua lini kehidupan masyarakat Indonesia.

    "Kita sungguh berharap apa yang disampaikan Ibu Megawati ini juga memberi inspirasi bagi masyarakat internasional untuk merawat harmoni kehidupan dan perdamaian di mana pun di planet ini," ujar dia.

    Mantan Komisioner Komisi Nasional HAM (Komnas HAM) ini membeberkan kajiannya atas jurnal Megawati sebagai wujud dukungan kepada Ketua Umum PDI Perjuangan itu. Universitas Pertahanan bakal memberikan gelar profesor kehormatan atau guru besar tidak tetap kepada Megawati besok, Jumat, 11 Juni 2021.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id