Prolegnas Prioritas 2021 Diharapkan Jadi Babak Akhir RUU PKS

    Anggi Tondi Martaon - 21 Juli 2021 16:13 WIB
    Prolegnas Prioritas 2021 Diharapkan Jadi Babak Akhir RUU PKS
    Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat/Medcom.id



    Jakarta: Rancangan Undang-Undang (RUU) Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021. Diharapkan, bakal beleid usulan inisiatif Badan Legislasi (Baleg) DPR itu segera disahkan.

    "Semoga ini menjadi babak akhir (pengesahan) dari perjalanan dan perjuangan (pembahasan RUU PKS) kita semua," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) dalam Diskusi Denpasar 12 bertemakan Mengawal RUU Penghapusan Kekerasan Seksual Dalam Prolegnas 2021, Rabu, 21 Juli 2021.

     



    Baca: Taufik Basari: Fraksi NasDem Konsisten Perjuangkan RUU PKS

    Politikus Partai NasDem itu menyebut pembahasan RUU PKS berlangsung cukup lama. Menurut dia, pembahasan dilakukan sejak 2012.

    "Hampir 10 tahun. dan perjalanan panjang RUU PKS ini belum sampai kepada tujuan akhir (disahkan)," ungkap dia.

    Padahal, Rerie menyebut isu kekerasan seksual kerap terjadi di Indonesia. Institusi terkait menyebut angka kekerasan cukup tinggi, bahkan di tengah pandemi covid-19.

    Data Komisi Nasional (Komnas) Perempuan membeberkan 4.849 orang mengalami kekerasan seksual sepanjang 2020. Di sisi lain, Rerie heran dengan kabar adanya pihak berupaya menggagalkan pengesahan RUU PKS. Sebab, negara wajib memberikan perlindungan kepada kelompok rentan.

    Rerie meminta dukungan semua pihak terkait pembahasan RUU PKS. Sehingga, bakal beleid ini segera disahkan menjadi payung hukum perlindungan kepada kelompok rentan dan pemenuhan hak korban kekerasan seksual.

    "Bagaimana kemudian kita dapat mengawali ini semua karena apa yang terjadi di berbagai kenyataan yang kita hadapi sesungguhnya sudah melukai harkat dan martabat kita sebagai manusia," ujar dia.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id