Rusia Siapkan 20 Juta Vaksin Sputnik V untuk Indonesia

    Nur Azizah - 26 Mei 2021 17:37 WIB
    Rusia Siapkan 20 Juta Vaksin Sputnik V untuk Indonesia
    Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad. Dok. Istimewa



    Jakarta: Pemerintah Rusia menyiapkan 20 juta dosis Vaksin Sputnik V untuk mendukung program vaksinasi di Indonesia. Hal ini terungkap dalam pertemuan antara delegasi pimpinan MPR RI dan Russian Direct Investment Fund (RDIF) di Moskow, Rusia.

    Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad mengatakan pemerintah Rusia melalui RDIF mendukung pengadaan Vaksin Sputnik V hingga 30 persen dari jumlah penduduk Indonesia. RDIF merupakan lembaga investasi Rusia yang membawahi pusat riset gamalea, produsen Vaksin Sputnik V.

     



    “Dalam pembicaraan mengenai vaksin yang dikenal dengan nama Sputnik V, mereka bersedia mendukung pemerintah Indonesia dengan menyediakan sampai 30 persen dari jumlah penduduk," kata Fadel dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu, 26 Mei 2021.

    Rusia telah menyiapkan puluhan juta dosis vakisn tersebut untuk dibawa ke Jakarta. Fadel menyampaikan RDIF telah menghubungi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta PT Bio Farma terkait pendistribusian vaksin.

    Dalam pertemuan itu, Fadel didampingi Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat, Syarief Hasan, dan Dubes RI untuk Rusia Jose Tavares. Pertemuan itu juga membahas ihwal rencana investasi Rusia di Tanah Air.

    “RDIF memiliki dana 10 miliar dolar yang available. Mereka mengetahui di Indonesia itu banyak kesempatan dalam bidang perminyakan, gas, dan lain-lain," ucap Fadel.

    Baca: Berkunjung ke Rusia, Pimpinan MPR 'Kejar' Vaksin Sputnik V

    Dia mengaku siap menjembatani antara RDIF dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Dia berharap kerja sama antara RDIF segera terwujud.

    Vaksin untuk Indonesia

    Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.

    "Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.

    Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id