comscore

Survei: 61,8% Masyarakat Puas dengan Kinerja Jokowi

Cahya Mulyana - 15 November 2021 00:28 WIB
Survei: 61,8% Masyarakat Puas dengan Kinerja Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: BPMI
Jakarta: Lembaga survei Development Technology Strategy (DTS) Indonesia menyebut mayoritas rakyat memercayai kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tingkat kepercayaan yang tinggi juga berlaku pada kinerja pemerintah

"Meski setahun terakhir kinerja pemerintah disibukkan dengan pandemi dan pemulihan ekonomi, rating masyarakat kepada kinerja Presiden Jokowi cenderung masih tinggi. Sebanyak 61,8 persen masyarakat menyatakan puas dengan kinerja Presiden Jokowi," kata Direktur Eksekutif DTS Indonesia Ainul Huda pada webinar bertajuk 'Presentasi dan Survei Evaluasi  Pemerintah dan Capres 2024,' Minggu, 14 November 2021.
Menurut dia, penilaian masyarakat terhadap kinerja pemerintah secara umum ada di level moderat dengan rata-rata skor 6,3 dari skala 1 sampai 10. Pemerintah juga mendapatkan rating yang cukup tinggi.

Baca: Berikut Harga Riding Outfit Karya Anak Bangsa Ala Jokowi di Sirkuit Mandalika

"Itu dengan angka 74,3 persen dalam soal pelayanan publik. Namun, mendapatkan penilaian yang rendah terkait isu korupsi atau suap, 61,6 persen," jelas dia. 

Ada tiga masalah utama yang disoroti masyarakat, yaitu ekonomi yang meliputi inflasi dan pengangguran dengan tingkat perhatian masyarakat mencapai 29,97 persen. Kemiskinan dan ketimpangan memiliki tingkat perhatian 18,76 persen serta masalah korupsi 14,22 persen. 

"Kesehatan masuk lima besar dan dua lainnya isu tradisional, yaitu kualitas SDM 7,83 persen dan infrastruktur 5,49 persen," terang dia. 

Ia mengatakan persoalan yang muncul di level daerah tidak jauh berbeda dengan persoalan yang ada di level nasional. Pengangguran dengan tingkat perhatian masyarakat 14,95 persen, inflasi 13,76 persen, dan kemisminan 13,04 persen masih menjadi tema sentral. 

"Masalah lainnya adalah isu jalan rusak 9,33 persen. Terdapat perbedaan distribusi persoalan daerah jika dilihat dari pembagian wilayah geografis, kelompok usia, dan kelompok pendapatan," jelas dia. 

Survei ini digelar pada minggu pertama sampai dengan minggu keempat Oktober 2021 di 29 provinsi. Penelitian ini melibatkan 2.046 responden dengan margin of error 2,17 persen. 

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id