Dubes AS Temui Mahfud Bahas Penangkapan Jurnalis Mongabay

    Nur Azizah - 24 Januari 2020 17:42 WIB
    Dubes AS Temui Mahfud Bahas Penangkapan Jurnalis Mongabay
    Menko Polhukam Mahfud MD. MI/M Irfan.
    Jakarta: Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan menemui Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Ia membahas soal penangkapan jurnalis Mongabay.com, Philips Jacobson.

    "Tadi yang kita bahas adalah pentingnya menangani masalah seperti itu melalui saluran-saluran yang semestinya," kata Donovan di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat, 24 Januari 2020.

    Selain soal penangkapan Jacobsdon, Donovan dan Mahfud juga membahas soal hubungan bilateral Negeri Paman Sam dan Indonesia. Kerja sama penanganan terorisme juga tak luput dibicarakan.

    "Kami tadi membahas tentang hubungan kerja sama bilateral antara Indonesia-Amerika Serikat, termasuk hukum dan juga counter terorisme," ucap dia. 

    Editor Mongabay, Philips Jacobson, ditangkap kantor Imigrasi Palangakaraya, Kalimantan Tengah. Ia diduga melanggar izin tinggal di Indonesia, kendati datang menggunakan visa bisnis.

    Mulanya, Jacobson diperiksa setelah menghadiri sidang antara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Tengah dengan cabang Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), kelompok advokasi hak adat terbesar di Indonesia. Peristiwa ini terjadi pada 17 Desember 2019. 

    Imigrasi Kelas I Palangkaraya mengatakan penyalahgunaan visa yang dilakukan Jacobson yakni lantaran melakukan peliputan. Jacobson dianggap melanggar Pasal 122 undang-Undang Nomor 2011 tentang Keimigrasian. Jacobson pun diminta tidak meninggalkan Palangkaraya.

    Jacobson resmi ditangkap dan ditahan pada 21 Januari 2020. Jacobson mendekam di Rumah Tahanan Palangkaraya. Jacobson diuga melanggar undang-undang imigrasi 2011 dan terancam hukuman penjara hingga lima tahun.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id