Bamsoet Dianggap Ingkar Bila Maju di Munas Golkar

    Desi Angriani - 28 November 2019 18:35 WIB
    Bamsoet Dianggap Ingkar Bila Maju di Munas Golkar
    Ketua MPR Bambang 'Bamsoet' Soesatyo (tengah). Foto: Medcom.id/Damar Iradat
    Jakarta: Ketua DPP Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) ingkar janji bila mencalonkan diri sebagai ketua umum (ketum). Pasalnya, sudah ada perjanjian yang disepakati dengan Bamsoet.

    "Pak Bambang Soesatyo dipastikan melanggar komitmen kalau tetap maju," kata Agus di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 28 November 2019.

    Menurut dia, Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Bamsoet sudah bernegosiasi. Bamsoet menitipkan lima nama loyalisnya agar diberikan posisi oleh Airlangga. Dua dari lima nama disampaikan langsung kepada Agus lewat sambungan telepon.

    Sementara itu, Airlangga mengaku sudah menawarkan posisi strategis kepada lima orang tersebut. Namun, ia enggan mengungkap identitas mereka.

    "Tiga dari lima. Yang satu komisinya sudah dipenuhi, dua ditawarkan tidak bersedia. Yang satu lagi pikir-pikir, mungkin masih menimbang kesiapan," ungkap dia.

    Golkar dijadwalkan menggelar musyawarah nasional (munas) pada 4-6 Desember 2019. Salah satu agenda munas yaitu memilih ketua umum Golkar periode 2019-2024.
     
    Airlangga dipastikan akan maju calon ketum Golkar dalam munas pada Desember 2019. Dia akan bersaing dengan Bambang Soesatyo dan Agun Gunandjar untuk memperebutkan kursi nomor satu di Golkar.
     
    Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD Partai Golkar Sumatera Utara, Ahmad Doli Kurnia, menyebut mayoritas DPD I atau pengurus tingkat provinsi mendukung Airlangga. Dia yakin Airlangga kembali menjadi ketum Golkar untuk lima tahun mendatang.
     
    Suara DPD provinsi dinilai bisa disimpulkan mewakili DPD II atau pengurus tingkat kabupaten/kota. Pasalnya, pengambilan keputusan telah melalui rapat yang melibatkan pengurus provinsi, kabupaten/kota, hingga kecamatan.




    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id