DPR Didesak Segera Bahas RUU Pekerja Rumah Tangga

    Meilikhah - 08 Maret 2016 13:19 WIB
    DPR Didesak Segera Bahas RUU Pekerja Rumah Tangga
    Ruang rapat paripurna DPR/ANT/Reno Esnir
    medcom.id, Jakarta: Jaringan Advokasi Nasional Pekerjaan Rumah Tangga (Jala PRT) mendesak DPR memasukkan RUU PRT masuk dalam progeam legislasi nasional (prolegnas) 2016. Tuntutan ini dipicu terus berulangnya kekerasan terhadap pekerja rumah tangga, seperti Toipah yang bekerja untuk Anggota DPR Ivan Haz.

    "Beberapa kasus yang sudah terlapor harusnya memeperingatkan DPR dan pemerintah untuk segera membahas RUU PRT," tegas Koordinator Nasional Jala PRT, Lita Anggraini, di Bareskrim Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (8/3/2016).

    Lita mengatakan, saat ini RUU PRT masih berada di daftar tunggu pembahasan bersama sejumlah RUU lain. Dia menilai, DPR seharusnya bisa merasakan sense of crisis dari peristiwa-peristiwa kekerasan yang kerap dialami pekerja rumah tangga.

    Menurut Lita, PRT yang bekerja di dalam rumah tak terjangkau dalam kontrol sosial. Mereka bekerja dalam relasi kuasa dan dalam tekanan.

    "Sering ada kasus kekerasan tapi enggak berani lapor karena takut dianggap pencemaran nama baik. Makanya sekarang mereka butuh perlindungan dari UU PRT itu," ucap Lita.
     

    (OJE)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id