Legislator Minta Pemerintah Redam Kebijakan Covid-19 yang Inkonsisten

    Fachri Audhia Hafiez - 24 Juli 2021 22:25 WIB
    Legislator Minta Pemerintah Redam Kebijakan Covid-19 yang Inkonsisten
    Ilustrasi Medcom.id.



    Jakarta: Anggota Komisi IX DPR, Netty Prasetiyani, meminta pemerintah menghindari kebijakan covid-19 yang tak konsisten. Kebijakan mesti diterapkan secara optimal.

    "Kebijakan yang inkonsisten harus dihindari. Jadi artinya di satu sisi masyarakat diminta patuh, di sisi lain harus mencerminkan prinsip keadilan dalam menerapkan kebijakan yang diambil oleh pemerintah," kata Netty dalam diskusi virtual bertajuk 'PPKM End Game', Sabtu, 24 Juli 2021.

     



    Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga meminta pemerintah mencegah kegaduhan dalam setiap menelurkan kebijakan terkait covid-19. Sehingga, masyarakat bisa mematuhi kebijakan secara optimal.

    "Mulailah berhenti menguji masyarakat dengan noise, dengan kegaduhan yang enggak perlu. Sehingga, kita fokus penanganan pandemi," kata Netty.

    Netty juga menyoroti implikasi dari kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat yang telah bergulir. Implikasi yang dirasakan publik seperti sulitnya memenuhi kebutuhan ekonomi karena terbatasnya aktivitas.

    "Ada kelompok-kelompok masyarakat yang hari ini bisa menyukseskan PPKM tapi sebetulnya kebutuhan dasarnya mereka tidak dapat terpenuhi," ujar Netty.

    Baca: Penanganan Pandemi Covid-19 Dihadapkan pada Birokrasi Rumit

    Kebijakan yang dikeluarkan, kata Netty, mesti berlandaskan kepentingan masyarakat. Sehingga, setiap elemen masyarakat tidak terus terpuruk ketika terjadi perubahan kebijakan terkait covid-19.

    "Salus Populi Suprema Lex Esto (keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi) harus menjiwai setiap kebijakan yang diambil," ucap Netty.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id