comscore

Pemerintah Batalkan Rencana Kenaikan Tarif Masuk Candi Borobudur

Andhika Prasetyo - 14 Juni 2022 14:15 WIB
Pemerintah Batalkan Rencana Kenaikan Tarif Masuk Candi Borobudur
Tempat pariwisata Candi Borobudur. Foto; Medcom.id.
Jakarta: Pemerintah membatalkan rencana kenaikan tarif tiket masuk ke area stupa Candi Borobudur dari semula Rp50 ribu menjadi Rp750 ribu per orang. Keputusan tersebut disampaikan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta.

"Arahan Pak Presiden intinya tidak ada kenaikan tarif. Tetap Rp50 ribu. Untuk pelajar SMA ke bawah itu Rp5 ribu," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono usai mengikuti rapat terbatas, Selasa, 14 Juni 2022.
Kendati demikian, pemerintah ke depan akan melakukan pengetatan dengan membatasi jumlah kunjungan per hari. Para wisatawan juga diwajibkan mengikuti aturan yang ditetapkan pihak pengelola dengan tujuan menjaga situs bersejarah itu tetap aman.

"Kuota untuk naik ke candi itu dibatasi, mungkin 1.200 orang per hari jadi harus daftar online. Pengunjung juga harus memakai guide dan menggunakan alas kaki yang disediakan. Tidak boleh pakai sepatu karena itu mengikis batuan," kata dia.

Baca: Pengelola Usulkan 3 Kategori Pengunjung Bisa Naik Borobudur Gratis

Basuki menambahkan keputusan tersebut nantinya disampaikan secara resmi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id