comscore

Publik Tunggu Aturan Turunan UU TPKS

Putra Ananda - 22 April 2022 16:38 WIB
Publik Tunggu Aturan Turunan UU TPKS
Ilustrasi Kompleks Parlemen Senayan. Medcom.id/Githa Farahdina
Jakarta: Efektivitas penerapan Undang-Undang (UU) Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) bergantung pada peraturan pemerintah (PP) atau aturan turunan UU TPKS. Regulasi yang masih disusun pemerintah diharapkan mampu mencegah serta memitigasi kasus-kasus kekerasan seksual.

"Saya juga meminta semua tetap menngawal, tetapi bolanya ada di pemerintah, Bahwa aturan-aturan turunan terkait dengan UU TPKS implemetasi di lapangan itu jadi lebih kuat," ungkap Ketua DPR Puan Maharani di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat, 22 April 2022.
Pertemuan Puan dengan para aktivis perempuan tersebut diadakan dalam rangka rangkaian peringatan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April kemarin. Menurut Puan, pengesahan RUU TPKS merupakan hadiah terbesar untuk perempuan di Indonesia yang sesuai dengan makna dan semangat perayaan hari Kartini.

"Ini adalah hadiah di Hari Kartini bagi perempuan Indonesia, anak Indonesia, agar ke depan itu jangan sampai terjadi korban kekerasa seksual," ungkapnya.

Baca: Menteri PPPA Dorong Kesetaraan Gender di Militer

Puan mengatakan publik perlu terus mengawasi pembahasan aturan turunan UU TPKS. Aturan UU TPKS harus sesuai dengan kebutuhan aktual masyarakat akan perlindungan kekerasan seksual yang berpihak terhadap korban.

"Dengan begitu, aturan yang dihasilkan diharapkan betul-betul bermanfaat dalam melindungi, menjaga, serta mencegah jangan sampai ada korban kekerasan kepada perempuan dan anak pada khususnya," jelas Puan.

Dia juga berterima kasih atas dukungan para aktivis perempuan yang mengawal pembahasan UU TPKS di parlemen. Dukungan dari semua elemen bangsa yang telah bergotong royong mengawal pengesahan UU TPKS diharapkan berdampak pada pembahasan UU lain yang saat ini tengah dilakukan oleh DPR.

"Sehingga masukan itu selalu dilihat dari bukan hanya di dalam saja tetapi di luar. Sehingga nantinya setiap UU bisa bermafaat bagi negara dan masyarakat," ungkapnya.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id