Menkes Jamin Ketersediaan Obat Covid-19 Hingga Usai Lebaran

    Nur Azizah - 10 Mei 2021 15:01 WIB
    Menkes Jamin Ketersediaan Obat Covid-19 Hingga Usai Lebaran
    Menkes Budi Gunadi Sadikin/MI/Pius Erlangga



    Jakarta: Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjamin ketersediaan obat untuk penanggulangan covid-19 hingga pascalebaran. Ia mengatakan ketersediaan obat lebih dari cukup.

    "Kalau tiba-tiba jumlah pasien naik 50 sampai 90 persen kita tahu berapa stok obat yang kita miliki secara nasional. Kita masih lebih dari cukup," kata Budi di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin, 10 Mei 2021.

     



    Budi mengatakan Kemenkes bakal meredistribusikan obat ke daerah-daerah yang stoknya menipis. Beberapa di antaranya, ada di Pulau Sumatra dan Kalimantan.

    "Memang kita amati stok obatnya masih belum cukup. Nah, kita masih punya waktu sebelum lebaran kita akan isi dengan ketersediaan obat," ucap dia. 

    Baca: Antisipasi Lonjakan Kasus, Pemerintah Siapkan 70 Ribu Bed Khusus Pasien Covid-19

    Selain menyiapkan stok obat, Kemenkes menyiapkan tempat tidur khusus pasien covid-19. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus usai Idulfitri 2021.

    Pemerintah telah menyiapkan 70 ribu bed untuk ruang isolasi. Sementara itu, untuk ruang intensive unit care (ICU) ada 7.500 bed

    "Sebagai informasi untuk tempat tidur isolasi yang saat ini sudah ditempati ada 23 ribu. Kita masih punya 40 ribu lagi atau masih sekitar hampir 200 persen dari keterisian sekarang," ucap dia. 

    Untuk ICU, bed yang terisi sekitar 2.500 dari total 7.500 yang disediakan. Meski masih tersisa banyak ia berharap tempat tidur yang disiapkan tidak terpakai.

    "Saya berdoa persiapan itu tidak terpakai dan tetap menjadi kosong. Tapi kalau toh ada seenggaknya kita sudah melakukan persiapan," kata Budi.

    (OJE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id