Dorongan Mengubah Wajah Baru Pendidikan Nasional

    Fachri Audhia Hafiez - 03 Mei 2021 19:22 WIB
    Dorongan Mengubah Wajah Baru Pendidikan Nasional
    Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie). Medcom.id/Anggi Tondi Martaon



    Jakarta: Pandemi covid-19 mengubah kegiatan belajar mengajar di Indonesia. Penggunaan teknologi menjadi hal tak terhindarkan saat pandemi.

    Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) menilai situasi tersebut pendorong modernisasi sistem pendidikan. Perlu pertimbangan mengubah wajah baru pendidikan di Indonesia. 






    "Pandemi berimbas pada kekhawatiran terabaikannya beberapa sektor penting, seperti halnya bidang pendidikan oleh pemerintah, maka perlu dipertimbangkan wajah baru pendidikan di Indonesia," kata Rerie dalam diskusi bertajuk 'Hardiknas dan Tantangan Merdeka Belajar di Tengah Pandemi' di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 3 Mei 2021.

    Menurut Rerie, pendidikan perlu menyesuaikan perkembangan teknologi. Apalagi, Indonesia telah memasuki era revolusi industri keempat. 

    Baca: Jokowi: Pandemi Bisa Dimanfaatkan Koreksi Total Dunia Pendidikan

    Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem ini menilai pandemi memaksa masyarakat menggunakan teknologi untuk melanjutkan pembelajaran. Dia berperndapat, cara belajar seperti itu sudah harus berjalan.

    "Ada atau tidak ada pandemi, pemerintah sudah seharusnya mempersiapkan segala sesuatunya untuk mendukung modernisasi pendidikan Indonesia," ucap Rerie.

    Rerie menuturkan saat ini diperkirakan 60 juta murid dari semua jenjang pendidikan PAUD hingga SMA/SMK di Indonesia belajar dari rumah atau melalui sistem pembelajaran jarak jauh. Sementara itu, proses belajar tanpa kehadiran guru dan murid di kelas dinilai berpotensi mengurangi kualitas pendidikan. 

    Rerie berharap pemerintah segera membenahi persoalan pendidikan secepatnya. Bila tidak, Indonesia akan tertinggal.

    "Jika tak dipersiapkan maka Indonesia akan dihancurkan selain oleh gelombang revolusi industri ditambah lagi dengan pandemi. Imbasnya, membuat pendidikan dan sumber daya manusia Indonesia akan tertinggal jauh dari negara-negara lain," kata Rerie.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id